Pembangunan Pasar Toboali Capai 80 Persen, Pertengahan Juli Target Selesai

Pembangunan Pasar Toboali Capai 80 Persen, Pertengahan Juli Target Selesai

Realisasi pembangunan pasar Toboali. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Realisasi pembangunan pasar Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) kini sudah mencapai 80 persen.

Diketahui bahwa anggaran pembangunan proyek ini berasal dari APBN tahun 2023 sebesar Rp. 34.338.093.000,  yang dikerjakan oleh PT Beringin Jaya Perkasa.

Hal ini dikatakan oleh Pelaksana Lapangan Dhika Saputra saat ditemui di lokasi pembangunan pasar tersebut, Rabu (05/06).

"Progres pembangunan pasar Toboali ini sudah mencapai 80 persen, dan sedang dilakukan beberapa penyelesaian di masing - masing workshop pengerjaannya," ucapnya.

BACA JUGA:Progres Pembangunan Pasar 34 Miliar di Toboali Capai 40 Persen, Agustus Diupayakan Selesai

BACA JUGA:Jalan Berlobang di Depan Pasar Toboali, PUPR Basel Langsung Tambal

Disebutkannya, pengerjaan gedung bangunan pasar ini belum ada kendala yang berarti, seperti material pihaknya masih bisa menggunakan dari lokal. Stok material juga banyak di sekitar pembangunan gedung serta masih sesuai dengan petunjuk dari konsultan proyek.

Namun saat pengerjaan finishing dibutuhkan ketelitian, karena ada pengangkatan berbagai ukiran kearifan lokal seperti batu belimbing, ataupun berbagai ukuran kearifan ciri khas budaya lokal.

"Pengerjaan finishing ini kita agak sedikit lama, karena dibutuhkan ketelitian dan juga kita mengangkat kearifan lokal kabupaten Basel seperti, ukiran batu belimbing, tugu nanas ataupun ornamen lainnya," sebut Dhika.

BACA JUGA:Besok Para Pedagang Pasar Toboali Sudah Bisa berjualan di Lokasi Relokasi

BACA JUGA:DKUKMINDAG Basel Targetkan Kamis Ini Pedagang Pasar Toboali Sudah Direlokasi

"Kita prediksi sekitar Minggu pertama bulan Juli pengerjaan ini sudah selesai, baik dari instalasi listrik, ACP bangunan maupun fasilitas yang ada di dalam gedung tersebut," imbuhnya.

Harapannya dengan selesainya gedung tersebut masyarakat Toboali semakin semangat untuk berbelanja di pasar baru ini, dan juga bisa meningkatkan ekonomi ataupun menarik minat masyarakat untuk berbelanja di pasar.

"Kita berharap pekerjaan ini cepat selesai agar para pedagang bisa segera mungkin menempati lokasi pasar tersebut dan perekonomian cepat meningkat," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: