Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indeks Harga Konsumen (IHK)/Inflasi Mei 2024

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indeks Harga Konsumen (IHK)/Inflasi  Mei 2024

--

BABELPOS.ID,- •Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami inflasi y-on-y sebesar 1,25 persen dan deflasi m-to-m sebesar 0,32 persen dengan IHK 104,27. Andil inflasi y-on-y utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (SKM), dan bawang merah. Sementara itu andil deflasi m-to-m utamanya disumbang komoditas beras, angkutan udara, dan udang basah.

 

Tanjung Pandan tercatat mengalami inflasi y-on-y sebesar 1,27 persen dan deflasi m-to-m sebesar 0,38 persen dengan IHK 106,10. Andil inflasi y-on-y utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (SKM), dan sawi hijau. Sementara itu andil deflasi m-to-m utamanya disumbang oleh komoditas angkutan udara, ikan kerisi, dan ikan bulat. 

 

Kabupaten Bangka Barat tercatat mengalami deflasi y-on-y sebesar 0,09 persen dan deflasi m-to-m sebesar 0,56 persen dengan IHK 102,47. Andil deflasi y-on-y utamanya disumbang oleh komoditas ikan kembung, ikan singkur, dan ikan kerisi. Sementara itu andil deflasi m-to-m utamanya disumbang oleh komoditas beras, udang basah, dan cumi-cumi.

 

Kabupaten Belitung Timur tercatat mengalami inflasi y-on-y sebesar 1,67 persen dan inflasi m-to-m sebesar 0,17 persen dengan IHK 104,29. Andil inflasi y-on-y utamanya disumbang oleh komoditas beras, bawang putih, dan emas perhiasan. Sementara itu andil deflasi m-to-m utamanya disumbang oleh komoditas cumi-cumi, beras, dan cabai rawit.

 

Kota Pangkal Pinang tercatat mengalami inflasi y-on-y sebesar 1,97 persen dan deflasi m-to-m sebesar 0,34 persen dengan IHK 104,70. Andil inflasi y-on-y utamanya disumbang oleh komoditas beras, sigaret kretek mesin (SKM), dan angkutan udara. Sementara itu andil deflasi m-to-m utamanya disumbang oleh komoditas angkutan udara,beras, dan daging ayam ras.

 

???????? Nilai Tukar Petani (NTP)

Mei 2024

* Nilai Tukar Petani (NTP) turun 1,43 persen dengan indeks sebesar 128,59. Indeks harga yang diterima petani (It) sebesar 155,24 (turun 1,74 persen) disumbang oleh komoditas kelapa sawit, cabai rawit, dan daging ayam ras. Sementara indeks harga yang dibayar petani (Ib) sebesar 120,73 (turun 0,32 persen) disumbang oleh komoditas beras, cabai rawit, daging ayam ras. 

* Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) turun 1,66 persen dengan indeks sebesar 126,39.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: