Segini Anggaran Untuk Bantuan Modal UMKM di Basel, Bulan Depan Mulai Dicairkan

Segini Anggaran Untuk Bantuan Modal UMKM di Basel, Bulan Depan Mulai Dicairkan

Rama Karna Mulana--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Guna memberdayakan para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) menganggarkan bantuan modal yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

Bantuan modal ini sebagai langkah mendukung serta meningkatkan ekonomi bagi pelaku UMKM sekaligus menekan inflasi di daerah tersebut.

Kepala Bidang Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMINDAG) Basel Rama Karna Mulana mengatakan, bahwa Pemkab Basel akan memberikan bantuan modal ke pada 66 pelaku UMKM yang ada di Basel.

"Ke 66 pelaku usaha ini merupakan para pelaku UMKM yang sudah terdata di dinas dan merupakan tahap awal pada triwulan pertama yakni sebesar 1.000.000,-" ungkapnya, Jum'at (24/05).

BACA JUGA:12.347 UMKM di Basel Masuk Rekapan Aplikasi di Si Dulang Babel

BACA JUGA:Berharap Cuan Pasca Lebaran, Ratusan Pelaku UMKM Gelar Lapak di Arena Bekecak

Adapun pada tahun 2024 ini DKUKMINDAG Basel telah menganggarkan anggaran yang digunakan untuk pemberian bantuan modal ke para pelaku UMKM sebesar Rp. 500 juta, meningkat dibandingkan tahun 2023 sebesar Rp. 228 juta.

"Tahun 2024 ini kita anggarkan bantuan modal bagi pelaku usaha yakni sebesar Rp. 500 juta, dengan rincian per pelaku usaha kita kasih bantuan sebesar Rp. 1 juta," ucapnya.

Dikatakan Rama, saat ini terdapat 3 desa yang sudah mengajukan proposal maupun secara mandiri bantuan modal dengan rincian, desa Irad ; 10 pelaku usaha, desa Rias ; 19 pelaku usaha, desa Ranggung ; 20 pelaku usaha dan 22 pelaku usaha pengajuan secara mandiri. Sehingga total ada 71 pelaku usaha yang mengajukan proposal.

Sedangkan pada bulan Juni mendatang terdapat 66 pelaku usaha yang akan mendapatkan bantuan modal masing - masing Rp. 1 juta.

"Saat ini sudah ada 71 pelaku usaha yang mengajukan bantuan modal, terdapat 3 desa dan 22 orang mengajukan secara mandiri," ujar dia.

BACA JUGA:UMKM di Event Bekecak Tak Bayar Retribusi Sampah, Ini Penjelasan DLH Basel

BACA JUGA:Ratusan UMKM Ramaikan Event Pariwisata Basel

Bukan itu saja, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Babel juga memberikan bantuan ke pelaku UMKM yang namanya sudah masuk ke rekap aplikasi Si Dulang, dalam bentuk peralatan sebagai bentuk peningkatan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: