Pj Gubernur Safrizal ZA Sampaikan 10 Pokok Penilaian Capaian Kinerja Kepala Daerah Gubernur Kep.Babel

Pj Gubernur Safrizal ZA Sampaikan 10 Pokok Penilaian Capaian Kinerja Kepala Daerah Gubernur Kep.Babel

IST/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, JAKARTA - Terjadwal Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA melaksanakan Evaluasi Kinerja Kepala Daerah Gubernur kepada Irjen Kemendagri RI, yang dilaksanakan pada Jum’at (17/5/24), di Kantor Inspektorat Jendral Kemendagri RI.

Pj Gubernur Safrizal ZA didampingi Pj Sekda Kep. Babel Fery Afriyanto beserta jajaran eselon 2 Pemprov Kep. Babel dalam presentasinya, menyampaikan 10 Pokok Penilaian Capaian Kinerja Kepala Daerah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Periode 10 Februari - 10 Mei 2024.

Sepuluh kinerja utama tersebut diantaranya, Inflasi, Stunting, BUMD, Layanan Publik, Pengangguran, Kemiskinan Ekstrim, Kesehatan, Penyerapan, Anggaran, Perizinan dan Kegiatan Unggulan. 

BACA JUGA:Rekening Perusahaan Diblokir Kejagung RI, 600 Karyawan Pabrik Sawit di PHK

"Saya lebih berat pada penyampaian masalah daripada yang berhasil," ungkapnya saat membuka paparan. 

Diakuinya, inflasi menjadi hal utama yang dipikirkannya selama menjabat sebagai Penjabat Gubernur di Kep. Babel. Hingga Mei 2024 inflasi di Bumi Serumpun Sebalai tidak pernah di atas angka 2%. 

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Pangkalpinang Gelar Media Gathering, Sampaikan Program Terkini JKN

"Seperti evaluasi triwulan pertama pada Februari lalu yaitu per Januari inflasi  pada angka 1,21% dan per April pada angka 1,90% atau secara prestasi adalah terendah kedua nasional. Dengan Penyumbang Inflasi Tertinggi yakni Beras (1,06%), Sigaret Kretek Mesin (0,22%), dan Angkutan Udara (0,18%),” paparnya.

BACA JUGA:Petugas Lapas Pangkalpinang Ikuti Pelatihan Teknis Pemasyarakatan di Batam

Dua strategi dijelaskannya telah diterapkan dalam rangka mengatasi inflasi, yaitu Strategi khusus diantaranya Availability, Distribution, Affordability_ (ADA). Kedua, Strategi Generik yakni Koordinasi, Awasi, Kolaborasi (KAK). 

Secara detail disampaikannya dengan penguasaan bagaimana keadaan Kep. Babel saat ini kepada Sekretaris Inspektur, Inspektur Pembina, Inspektur I, Inspektur II, dan Inspektur khusus sebelum Inspektur Jendral Kemendagri RI Komjen Pol Tomsi Tohir bergabung dalam forum evaluasi.

BACA JUGA:Petugas Lapas Pangkalpinang Ikuti Pelatihan Teknis Pemasyarakatan di Batam

Atas laporan Pj Gubernur Syafrizal ZA ini, Irjen Tomsi Tohir saat tiba di ruang pertemuan menyampaikan beberapa hal, diantaranya ;

Pertama, setiap penjabat yang menjabat sebagai kepala daerah harus memiliki ide kreatif berupa program unggulan. Yang jika ditinggalkan bisa menjadi sebuah legasi sekaligus meninggalkan sesuatu yang bersifat program. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: