Pemkab Basel Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Pertanian di Rias, Ini Peruntukkannya

Pemkab Basel Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Pertanian di Rias, Ini Peruntukkannya

Bupati Riza dan Wabup Debby --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Program Ajak Bupati Sambang Kampung (Aik Bakung) yang digaungkan oleh masa kepemimpinan Riza - Debby hingga seri ke 23 ini, bukan hanya sekedar pelayanan serta menerima keluhan saja.

Saat ke Desa Rias, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) membawa uang hingga miliaran rupiah sebagai bentuk support dalam bidang pertanian di desa produsen padi tersebut. 

Bupati Basel Riza Herdavid menyebutkan, uang miliaran yang ddbawa ke desa Rias ini sebagai bentuk dukungan apa yang menjadi keinginan masyarakat maupun keluhan di bidang pertanian.

"Anggaran dari pusat ini memang langsung saya jemput bersama OPD terkait, dan ini sesuai dengan apa yang sudah dipetakan atau kebutuhan pertanian di desa Rias," sebutnya, Selasa (07/05).

BACA JUGA:Kades Rias Sebut Masalah Administrasi Kependudukan Jadi Prioritas

BACA JUGA:Aik Bakung ke Rias, Bupati Riza Puji Kesenian Masyarakat

Disebutkannya, bukan hanya Alsintan yang diberikan untuk masyarakat desa Rias, tetapi juga perluasan jaringan pertanian, kemudian peningkatan jaringan rehabilitasi irigasi, pembangunan siring, plat dueker, penimbunan tanah puru, traktor dan vertikal dryer. Hal ini sesuai kebutuhan masyarakat dengan harapan ke depan Desa Rias bisa jadi lumbung pangan Bangka Belitung (Babel).

"Kita Pemkab Basel memang selalu mensupport dengan masalah pertanian ini, kalau APBD kita belum secara maksimal, maka kita carikan solusi lain salah satunya ke pusat," terangnya.

Diakui Riza, kedepannya program unggulan Pemkab Basel ini adalah ketahanan pangan, karena bukan tidak mungkin kedepannya perang bukan lagi dengan senjata tetapi berhadapan dengan urusan perut.

"Jadi saya mau kedepannya Kabupaten Basel harus siap dulu dengan masalah beras, jangan sampai kita lambat mencari solusi ketika petani ini mengeluh akan sawahnya, sehingga dikhawatirkan akan terganggu masalah beras kedepannya," tandasnya.

BACA JUGA:Ketua BPD Rias Pertanyakan Penggunaan Pasir untuk Pembangunan Irigasi

BACA JUGA:Ponpes Quran Cahaya Desa Rias Ikut Sukseskan Program Kemandirian Pangan Bangka Belitung

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) Basel Risvandika menyebutkan, anggaran yang dibawa mencapai miliaran rupiah sudah sesuai dengan apa yang dipetakan.

"Kita sudah petakan sebelumnya apa saja yang menjadi kebutuhan petani, ternyata apa yang mereka butuhkan itu sama dengan yang sudah kita petakan," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: