Kades Rias Sebut Masalah Administrasi Kependudukan Jadi Prioritas

Kades Rias Sebut Masalah Administrasi Kependudukan Jadi Prioritas

Muslim--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Program Ajak Bupati Sambang Kampung (Aik Bakung) yang digalakkan pemerintahan Riza - Debby mendapatkan respon yang positif Pemdes Rias, Kecamatan Toboali.

Tak main - main, Pemdes Rias pun sampai satu minggu mempersiapkan program Aik Bakung yang kini menyambangi desa mereka. Masalah administrasi kependudukan menjadi prioritas selain keluhan para petani.

Kades Rias, Muslim menyebutkan, bahwa masalah data kependudukan ini menjadi problem yang ada didDesa Rias.

"Kita akui masalah data kependudukan ini memang menjadi kendala yang harus diselesaikan," ujar dia, Selasa (07/05).

BACA JUGA:Aik Bakung ke Rias, Bupati Riza Puji Kesenian Masyarakat

BACA JUGA:Ketua BPD Rias Pertanyakan Penggunaan Pasir untuk Pembangunan Irigasi

Disebutkannya, semenjak ada pemekaran wilayah, administrasi kependudukan warganya banyak yang harus disesuaikan, seperti alamat tempat tinggal.

"Contohnya, alamat mereka semula sebelum pemekaran yakni di Dusun SPA, tetapi setelah di pemekaran ternyata tempat tinggalnya masuk di dusun Sukamakmur, lalu tinggal di dusun Pairam, ternyata sama juga setelah pemekaran berada di dusun SPB dan hal - hal seperti ini yang membuat kendala ketika mengurus BPJS ataupun dengan pihak Bank," jelasnya.

BACA JUGA:Ponpes Quran Cahaya Desa Rias Ikut Sukseskan Program Kemandirian Pangan Bangka Belitung

BACA JUGA:Pesantren Qur'an Cahaya Rias Panen Cabai Binaan BI

"Jadi permasalahan kita ini memang lebih banyak ke masalah data kependudukan, sehingga langkah awal yang kita manfaatkan adanya Aik Bakung ini adalah memperbaiki data kependudukan," jelasnya.

Pihak desa juga tidak tahu alasan banyak masyarakat yang tidak cepat dalam mengurus data kependudukan ini, apakah karena kesibukan masyarakat, atau karena merasa kejauhan sehingga timbul rasa malas.

"Tetapi kami (Pemdes Rias- red) sangat bersyukur berkat Aik Bakung ini, banyak antusias masyarakat yang memperbaiki data kependudukannya," sebut Muslim.

BACA JUGA:Pupuk Subsidi Susah Didapat, Petani Desa Rias Mengeluh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: