Ponpes Quran Cahaya Desa Rias Ikut Sukseskan Program Kemandirian Pangan Bangka Belitung

Ponpes Quran Cahaya Desa Rias Ikut Sukseskan Program Kemandirian Pangan Bangka Belitung

Bank Indonesia dan Pemkab Bangka Selatan Panen Cabai di lahan pertanian milik Ponpes Quran Cahaya, Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan --

//BI dan TPID Babel Terus Komitmen Lanjutkan Program unggulan GNPIP di 2024

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Berbagai upaya meningkatkan pasokan pangan lokal terus dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Bangka Belitung yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, salah satunya pondok pesantren (Ponpes). 

Bank Indonesia bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah melaksanakan panen cabai rawit pada Senin (18/3/2024) di lahan pertanian milik Ponpes Quran Cahaya, Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Babel, Rapat Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2023 kepada DPRD Babel

Kegiatan dihadiri oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Wakil Bupati Bangka Selatan, Sekda Bangka Selatan, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta pimpinan dan santri Ponpes Quran Cahaya.

Ponpes Quran Cahaya merupakan salah satu penerima bantuan teknis demplot cabai yang diinisiasi oleh BI Babel dan penerima manfaat Program Sosial Bank Indonesia Tahun 2023 dalam mendukung Program Kemandirian Ekonomi Pesantren dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal ZA Lantik 17 Kepala Sekolah dan 6 Pengawas Sekolah

Ponpes Quran Cahaya menanam cabai rawit di lahan seluas 1.200 meter persegi dengan jumlah pohon 1.100 batang dan sampai saat ini telah memperoleh hasil panen perdana pada bulan Februari hingga sekarang sebanyak 118 kilogram yang masih akan bertambah dengan panen selanjutnya. 

Selain dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebagian hasil panen tersebut juga dijual ke keluarga santri dan ke pasar sehingga menambah pendapatan Ponpes.

BACA JUGA:Pesantren Qur'an Cahaya Rias Panen Cabai Binaan BI

Deputi Kepala KPw BI Babel, Nurfadilah, menyambut baik komitmen dan konsistensi ponpes dalam budidaya cabai rawit dan hidroponik serta berharap keberhasilan saat ini dapat ditingkatkan dan direplikasi di wilayah lain untuk meningkatkan ekonomi pesantren dan stabilitas inflasi berbasis pondok pesantren. 

BACA JUGA:Honda Babel Bersama Komunitas Semarakkan Ramadan dengan Berbagi Takjil

"Keberhasilan panen cabai ini juga diharapkan turut mendukung ketersedian pasokan cabai khususnya di Kabupaten Bangka Selatan sehingga dapat memitigasi pergerakan harga cabai rawit menjelang hari besar keagamaan negara (HBKN) Idul Fitri 1445H," tutur Nufadilah. 

BACA JUGA:Safari Ramadan, Pemkot Berikan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Hasanah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: