Sambil Bawa Barang Ketika Naik Motor? Simak Tipsnya di Sini!

Sambil Bawa Barang Ketika Naik Motor? Simak Tipsnya di Sini!

Tips bawa barang naik motor.--Foto: ist

BABELPOS.ID - Ada kalanya kita perlu membawa barang ketika berkendara dengan sepeda motor, seperti setelah berbelanja bulanan atau saat menjalankan tugas sebagai kurir. Namun, bagaimana cara melakukannya dengan aman?

“Membawa barang seperti belanjaan dari pasar untuk motor matik dan motor bebek mungkin masih mudah untuk di gantung di depan, namun tidak dengan motor sport. Motor sport mungkin untuk meletakkan barang memerlukan rear box atau sebagian orang dengan mengikatkan barang ke belakang jok, yang menjadi fokus adalah selalu jaga aspek keselamatan jika akan membawa barang di belakang jok motor” tutur Anggie Faeza Sirkandi selaku Instruktur Safety Riding Indonesia Main Dealer Honda Babel.

BACA JUGA:9 TIPS MERAWAT MOTOR MATIC AGAR SELALU PRIMA

BACA JUGA:Begini 6 Tips Pengereman yang Baik saat Berkendara Sepradik!

Berikut adalah beberapa tips untuk membawa barang dengan aman saat menggunakan sepeda motor:

1. Pastikan Barang Terikat dengan Kuat

Jika barang dapat diletakkan di atas jok, pastikan untuk mengikatnya dengan kuat agar tidak bergeser selama perjalanan. Sebelum memulai perjalanan, uji keamanan pengikatan dengan menggoyangkan motor sedikit ke kanan dan ke kiri. Pastikan barang tetap stabil.

2. Perhatikan Lampu Sen

Pastikan barang bawaan Anda tidak menutupi lampu sen belakang. Barang yang menutupi lampu sen dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena pengendara di belakang mungkin tidak melihat lampu sen Anda, terutama saat Anda hendak berbelok.

3. Perhatikan Lebar Barang

Pastikan lebar barang bawaan tidak melebihi lebar setang motor. Barang yang terlalu lebar dapat menyulitkan Anda saat melakukan manuver, dan bisa menghalangi pandangan melalui spion, meningkatkan risiko kecelakaan.

BACA JUGA:Ingin Motor Anda Awet, Ini 5 Tips dari Honda

BACA JUGA:Ini Juara Grand Final Kontes Layanan Honda Regional Babel, Bakal Lanjut Tingkat Nasional

4. Perhatikan Tinggi Barang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: