Begini 6 Tips Pengereman yang Baik saat Berkendara Sepradik!

Begini 6 Tips Pengereman yang Baik saat Berkendara Sepradik!

Tips pengereman saat berkendara --(ist)

BABELPOS.ID - Motor merupakan kendaraan yang paling digunakan masyarakat Indonesia. Hampir semua orang memiliki kendaraan motor karena dianggap lebih praktis untuk berpergian. Namun begitu, pengendara harus tahu fungsi-fungsi di bagian motor, salah satunya adalah rem motor. Lantas, bagaimana cara mengerem motor yang benar?

Menurut Anggie Faeza Instruktur Safety Riding Indonesia dari Main Dealer Honda Motor Bangka Belitung menjelaskan “Teknik pengereman yang baik adalah kunci untuk menjaga keselamatan dan mengendalikan sepeda motor dengan efektif seperti menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan tetapi tetap menjaga kestabilan agar ketika pengereman mencegah dari rem yang terkunci”

BACA JUGA:9 TIPS MERAWAT MOTOR MATIC AGAR SELALU PRIMA

Untuk diketahui, motor baru saat ini memiliki fitur rem yang cukup canggih. Setiap motor memiliki inovasi baru dalam sistem pengereman untuk tujuan keamanan. Oleh karena itu, pengendara mesti mengenal fungsi rem, supaya nyaman saat berkendara.

Fungsi rem yang berjalan dengan baik merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh kendaraan bermotor, jika tidak akan mengalami hal yang tak terduga. Walaupun rem di kendaraan motor sangat mudah digunakan, faktanya banyak sekali masyarakat diluar tidak mengerti teknik pengereman yang baik dan benar saat menguasai sepeda motor

BACA JUGA:Ingin Motor Anda Awet, Ini 5 Tips dari Honda

1. Tekan rem secara perlahan

Diharapkan menekan tuas rem jangan mendadak, ini akan mengakibatkan efek berbahaya bagi pengguna jatuh karena ban yang slip. Tetaplah tekan rem dengan perlahan dan jangan panik.

2. Perhatikan jarak pengereman

Hal yang harus diperhatikan mengenai jarak pengereman, bila jarak pengereman terlalu dekat akan membuat pengguna panik dan menyebabkan kecelakaan beruntun. Oleh sebab itu, pengguna harus memberi ruang yang cukup saat melakukan pengereman. 

3. Gunakan rem depan untuk mengurangi kecepatan laju sepeda motor

Rem depan berfungsi ketika mengurangi kecepatan laju kendaraan, sedangkan rem belakang untuk menyeimbangkan kendaraan agar tetap stabil. 

BACA JUGA:New CBR150R Edisi MotoGP, Persembahan Honda untuk Pecinta MotoGP

4. Gunakan kedua tangan saat pengereman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: