Terlibat Tipikor Timah Alasan untuk CSR: Sandra Dewi Seharusnya Minta Maaf ke Warga Babel

Terlibat Tipikor Timah Alasan untuk CSR: Sandra Dewi Seharusnya Minta Maaf ke Warga Babel

Penambangan Timah di Babel. (Inzet: Harvey Moeis dan Sandra Dewi)-screnshoot-

BABELPOS.ID.- Semakin jelasnya alasan keterlibatan Harvey Moeis dalam dugaan Tipikor tata niaga timah 2015-2022 yang berdalih untuk CSR (Corporate Social Responsibility) --padahal untuk kepentingan pribadi--, membuat semakin negatif respon publik terhadap suami artis top asal Bangka Belitung (Babel), Sandra Dewi itu.

''Sandra Dewi kan dari daerah ini, adalah sewajarnya dia juga berpikir untuk kepentingan masyarakat Babel.  Tapi fakta yang terkuak di Kejagung untuk CSR malah digunakan untuk kepentingan pribadi.  Apakah nggak pedih dan sedih kami mendengarnya,'' ujar penambang yang kini terdampak kesulitan untuk menjual timahnya gara-gara mencuatnya kasus megakorupsi ini.

BACA JUGA:Hoax tak Terbendung, Harvey Moeis dan Helena Lim Bikin Kasus Tipikor Timah Makin Seksi

Dikatakan, derita warga Babel terutama kalangan penambang benar-benar mencapai puncaknya justru saat menghadapi Idul Fitri 2024 ini.  Karena biasanya, duit hasil penjualan timahlah yang membuat suasana Idul Fitri Babel bersemangat dan semarak.  

''Jika timah tidak ada masalah seperti ini, naiknya harga yang lain seperti harga beras dan kebutuhan pokok lain takkan menjadi keluhan.  Tapi gara-gara kasus ini, menjual timah susah, mencari timah lebih susah, naiknya harga beras dan yang lain-lain makin terasa berat,'' timpal penambang lain dari Koba, Bangka Tengah soal fakta yang ada sekarang.

Bagaimana tanggapan soal Sandra Dewi yang suaminya terlibat itu?

''Sandra Dewi seharusnya minta maaf ke warga Babel.  Berapa duit yang dimintai suaminya (Harvey Moesis.red) ke para bos-bos timah yang ia pakai untuk kpentingan pribadi yang alasannya untuk CSR itu?  Coba kalau memang untuk CSR? Tentu bagus untuk warga Babel ini.  Kini kami yang menderita, sementara Sandra Dewi masih bisa senyum saat diperiksa jaksa,'' ujar penambang yang takut namanya disebutkan itu sedih dan geram.

BACA JUGA:Begini Keterlibatan Harvey Moeis, Suami Artis Sandra Dewi Dalam Tipikor Tata Niaga Timah

Seperti diketahui, Tim Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) sudah menetapkan satu Tersangka baru, yang terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT timah Tbk tahun 2015 s/d 2022.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan dikaitkan dengan alat bukti yang cukup, Tim Penyidik telah menaikkan status Harvey Moeis (HM) --yang dikenal sebagai suami artis top asal Babel, Sandra Dewi--, selaku Perwakilan PT RBT menjadi tersangka.

Posisi Harvey Moeis (HM) yaitu:

• Sekira pada tahun 2018 s/d 2019, Tersangka HM selaku Perwakilan PT RBT menghubungi Tersangka Mochtar Riza Pahlevi Thabrani (MRPT) alias Riza (RZ) selaku Direktur Utama PT Timah Tbk dengan maksud untuk mengakomodir penambangan timah ilegal di wilayah IUP PT Timah Tbk; 

BACA JUGA:Ini Keterlibatan Harvey Moeis, Suami Artis Sandra Dewi Dalam Tipikor Tata Niaga Timah

• Selanjutnya, terjadi pertemuan antara Tersangka HM dengan Tersangka MRPT alias RZ, lalu setelah beberapa kali pertemuan terjadi kesepakatan kerja sewa-menyewa peralatan processing peleburan timah di wilayah IUP PT Timah Tbk, dimana Tersangka HM mengkondisikan agar smelter PT SIP, CV VIP, PT SBS, dan PT TIN mengikuti kegiatan tersebut;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: