Satgas Halal Kemenag Babel Ajak Kepala Madrasah Urus Sertifikasi Halal Kantin Sekolah

Satgas Halal Kemenag Babel Ajak Kepala Madrasah Urus Sertifikasi Halal Kantin Sekolah

Iwan Setiawan --Foto: Lia

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Satgas Halal Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kanwil Kemenag Babel) akan melaksanakan Sosialisasi Sertifikasi Halal Kantin Sekolah Tahap ke-1 tahun 2024. Kegiatan ini dijadwalkan pada 4 dan 5 Maret 2024 mendatang. 

Sekretaris Satgas Halal Kanwil Kemenag Babel, Iwan Setiawan, menjelaskan sosialisasi kantin halal tahap ke-1 ini akan diikuti 28 Madrasah Negeri yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka menindaklanjuti Surat Instruksi No.1 Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia tentang Pelaksanaan Sertifikasi Halal di Lingkungan Kementerian Agama.

Menurut Iwan, surat undangan pelaksanaan kegiatan ini sudah disampaikan kepada kepala madrsah dan pemangku pendidikan yang ada di lingkungan Kanwil Kemenag Babel, agar para kepala sekolah dapat menghadiri acara sosialiasi ini dan segera mendaftarkan sertifikasi halal. Sosialisasi ini difasilitasi dari anggaran BPJPH Kemenag RI.

”Masalah sertifikasi halal kantin sekolah memang menjadi salah satu program perioritas pemerintah terutama oleh Kementerian Agama melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Namun selama ini memang belum banyak dilakukan, karena salah satunya adalah keterbatasan anggaran di madrasah tersebut,” sebutnya.

BACA JUGA:Dukung RKPD 2025, Kanwil Kemenag Dorong Wujudkan Babel Tujuan Destinasi Halal Unggul

BACA JUGA:Eksistensi 34 Tahun LPPOM MUI, Kini Dipercaya Melayani Sertifikasi Halal Dalam dan Luar Negeri

Satgas Halal Kemenag Babel juga sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk ke LPPOM MUI, Bank Indonesia maupun dinas-dinas terkait agar ke depan dapat ikut bersama menenukan solusi terbaik dalam rangka membantu memfasilitasi sertifikasi halal bagi kantin-kantin yang ada di sekolah

“Kami menitipkan madrasah-madrasah yang ada di lingkungan Kemenag Babel untuk disertifikasi halal kantin sekolahnya, sehingga instruksi menteri agama tentang kantin halal tersebut bisa terealisasi dengan baik,” harap Iwan.

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal Bantu Peralatan & Sertifikat Halal kepada Ratusan UMKM

BACA JUGA:Pj Gubernur Safrizal ZA Resmikan Zona Kuliner Halal Aman Sehat (KHAS) Pertama di Babel

Selain madrasah, Satgas Halal Kemenag Babel juga akan menyosialisasikan hal ini ke kantin-kantin yang ada di sekolah umum dengan menggandeng berbagai stakeholder termasuk Diknas Pendidikan dan Kebudayaan di Babel. 

Sesuai dengan Permendagri Nomor 15 Tahun 2023 kepada internal BPJPH dan Satgas Layanan Jaminan Produk Halal di seluruh daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia

Terbitnya Permendagri tersebut sekaligus sebagai komitmen Kemendagri guna mendorong penganggaran sertifikasi halal di ruang lingkup Pemda di seluruh Indonesia. Yakni mendorong pemerintah daerah agar mengalokasikan anggaran 2024 untuk fasilitasi sertifikasi halal, implementasi Permendagri ini akan dijalankan di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). 

BACA JUGA:Haltec Babel Buka Pelatihan Trainer Halal, Begini Cara Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: