Perkuat Keandalan Suplay Jalur VIP, PLN Babel Pasang Alat Manuver Penyulang Otomatis

Perkuat Keandalan Suplay Jalur VIP, PLN Babel Pasang Alat Manuver Penyulang Otomatis

Petugas PDKB PLN sedang menyiapkan jaringan TM 20kV untuk pengoperasian ACOS di penyulang jalur komplek perkantoran Provinsi Kep. Bangka Belitung tanpa padam--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) perkuat Sistem Distribusi Jaringan Tegangan Menengah (TM) 20 kV untuk jalur yang mensuplay listrik ke komplek perkantoran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang merupakan pelanggan VIP (Very Important Person) di Pangkalpinang. 

BACA JUGA:Atasi Penyakit, TBC Pemkab Bangka Lakukan Penanganan Lintas Sektor

Selama ini kendali operasi sistem Tegangan Menengah  yang melistriki kawasan tersebut ada  Gardu Hubung (GH) Air Itam PLN yang bisa dikontrol jarak jauh melalui Bangka Control Center (BCC) yang terpusat di kawasan PLTU Air Anyir. 

BACA JUGA:Atasi Penyakit, TBC Pemkab Bangka Lakukan Penanganan Lintas Sektor

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bangka, Muhammad Isra menyampaikan bahwa GH Air Itam merupakan GH yang terus dilakukan upgrating untuk peralatan didalamnya, salah satunya saat ini dilakukan penambahan peralatan ACOS (Auotomatic Change Over Switch) atau Alat Manuver Jaringan Otomatis. 

BACA JUGA:PH Dodot Heran Keluarnya Keputusan PAW Anggota DPRD dari Partai Demokrat?

"ACOS memiliki waktu manuver kurang dari 1 detik secara otomatis, saat ini kawasan komplek perkantoran gubernur disuplay oleh 2 feeder  (saluran atau jalur yang mengirimkan listrik dari sumber daya) dari gardu induk yang berbeda. Sehingga apabila terjadi gangguan suplay dari salah satu feeder maka ACOS mampu secara otomatis memanuver ke feeder lainnya sehingga pasokan kelistrikan di kawasan tersebut tetap andal," ungkap Isra dalam keterangan resminya yang diterima Babel Pos, Rabu (31/1/2024). 

BACA JUGA:Menyusuri Kampung Palm Eco Green Village Malang, Makin Asri Berkat Program BRInita

Selain itu Isra menambahkan bahwa ACOS juga dilengkapi dengan fitur pemantauan dan manajemen jaringan yang canggih. 

"ACOS dapat membantu operator jaringan melakukan pemantauan jaringan jarak jauh sesuai dengan kondisi jaringan secara aktual," kata Isra.

BACA JUGA:Menyusuri Kampung Palm Eco Green Village Malang, Makin Asri Berkat Program BRInita

General Manager PLN Babel, Mohammad Munief Budiman menyebutkan, perbaikan yang dilakukan dengan penambahan ACOS ini sebagai salah satu bentuk komitmen PLN untuk menjaga Keandalan Sistem Kelistrikan di kawasan ring 1 Babel.

BACA JUGA:Demi Fantasi Seks, Pemuda di Pangkalbalam Ini Nekat Ngintip dan Rekam Istri Orang Mandi

"Pengamanan kelistrikan dikomplek perkantoran Gubernur yang merupakan pusat pemerintahan di Babel ini sangat penting, karena jika terjadi gangguan pasokan listrik dapat mengganggu operasional pemerintahan, termasuk layanan publik, keamanan dan komunikasi," sebut Munief. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: