2 Hal yang Harus Dipahami Penderita Diabetes yang Mau Pengobatan Herbal

2 Hal yang Harus Dipahami Penderita Diabetes yang Mau Pengobatan Herbal

Ilustrasi herbal--(ist)

BABELPOS.ID - Penyakit diabetes yang tidak bisa disembuhkan membuat penderitanya mengupayakan berbagai pengobatan, salah satunya menggunakan obat herbal.

Namun Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr. Cipto Mangunkusumo Dr. dr Tri Juli Edi Tarigan, SpPD-KEMD mengingatkan penderita diabetes harus memahami 2 hal sebelum mencoba pengobatan herbal.

Pertama, pengobatan herbal itu sudah ada studi dan bukti bahwa aman dan efektif untuk pengobatan. 

Ia menyebutkan pasien yang ingin mencoba pengobatan herbal ada baiknya mencari terlebih dahulu informasi mengenai bahan herbal tersebut.

BACA JUGA:Diabetes Tak Bisa Disembuhkan, Tapi...

BACA JUGA:Penderita Diabetes Boleh Makan Apa Saja, Tapi...

Pengobatan herbal yang dicoba akan lebih bagus apabila sudah teruji hasilnya lewat penelitian yang dilakukan para ahli baik khususnya untuk penderita diabetes yang membutuhkan produk untuk membuat gula darahnya stabil.

Ia menyebutkan ada baiknya mencari penelitian obat herbal yang dilakukan pada banyak kelompok tidak hanya penderita diabetes tapi juga pada kelompok kontrol atau orang tanpa penyakit diabetes dengan demikian hasil pengobatan tersebut dapat dibuktikan hasilnya.

Apabila pengobatan herbal yang dimaksud masih belum diteliti kebenarannya lewat riset dan masih bersifat testimoni atau berdasarkan pengalaman orang maka pasien bisa menimbang ulang keputusannya tersebut.

"Cari bukti-bukti bahwa pengobatan tersebut memang bermanfaat, jangan berdasarkan testimoni seseorang dan dijadikan dasar untuk mengadopsinya karena metode pengobatan yang tepat itu harus melalui penelitian yang baik," katanya dikutip Antara, Sabtu (20/2).

BACA JUGA:Penderita Diabetes Ingin Konsumsi Nasi Putih, Begini Caranya

BACA JUGA:Diabetes Masuk 10 Besar Penyakit Terbanyak di Bateng, Tiap Tahun Naik

Hal kedua yang perlu dipenuhi sebelum pasien diabetes mencoba pengobatan herbal ialah pasien harus tetap meminum obat yang telah diresepkan oleh dokter agar tetap bisa menjaga kondisi gula darahnya stabil.

Obat yang diresepkan dokter pada penderita diabetes biasanya telah disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien, apabila dihentikan besar kemungkinan kondisi kesehatannya dapat menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: