Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Faktor Peningkatan Caleg Perempuan Pemilu 2024

Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Faktor Peningkatan Caleg Perempuan Pemilu 2024

Zio L Monarek --(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Keterwakilan perempuan pada pemilu 2024 mengalami peningkatan dibanding pemilu tahun - tahun sebelumnya.

Pada pemilu 2024 ini, dari total 353 Caleg, sebanyak 124 orang perempuan dari 16 partai politik. Sedangkan pada pemilu 2019 dari keseluruhan Caleg 307 orang, Caleg perempuan hanya 116 orang dari 13 partai politik.

Jadi berdasarkan persentase pada 2024 ini sekitar 35,5 persen dengan jumlah 17 Parpol yang mengikuti pemilu. Sedangkan pada 2019 total persentase berjumlah 37,8 persen dengan 13 Parpol.

BACA JUGA:Caleg Perempuan Pemilu 2024 di Basel Meningkat, Ini Jumlahnya

BACA JUGA:Masih Tak Patuh, Bawaslu Basel Tertibkan Baliho Caleg

Ketua Teknis Penyelenggaraan KPU Basel Zio L Monarek menyampaikan, bahwa peningkatan jumlah peserta pemilu dari keterwakilan perempuan ini salah satu faktornya adalah kesetaraan gender.

"Dan juga hal ini sudah diatur pada PKPU 10 tahun 2023, tentang  pencalonan anggota DPR RI,  DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota," sebutnya.

Disebutkan Zio, bahwa meningkatnya peserta dari perempuan juga sebagai bentuk kesetaraan gender, bahwa perempuan juga berhak mendapatkan baik dari pendidikan, sosial maupun politik.

Oleh sebab itu, dari aturan berdasarkan PKPU 10 tahun 2023, bahwa keterwakilan perempuan adalah 30 persen dari setiap Dapil.

"Dari kesetaraan gender ini memang keterwakilan perempuan berdasarkan PKPU 10 tahun 2023 yakni, 30 persen tiap Dapil," ungkapnya.

BACA JUGA:RSUD Basel Siapkan Layanan untuk Caleg Depresi

BACA JUGA:KPU Basel Selesaikan Tahapan Vermin, 452 Bacaleg, 313 MS, 139 TMS

Selain itu, salah keuntungannya memberikan warna yang berbeda pada pesta demokrasi ini yakni, baik bagi para pemilih pemula yang biasanya banyak didominasi oleh para calon laki - laki, tapi sekarang para pemilih pemula bisa memilih Caleg perempuan walaupun hanya melihat berdasarkan kesenangannya atau karena merasa suka dengan Caleg tersebut.

"Keuntungan banyaknya Caleg perempuan adalah, meningkatkan partisipatif bagi pemula pada saat pencoblosan pada 14 Februari nanti," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: