Alasan Untuk Berobat Anaknya, Pria di Toboali Gadaikan Motor Tetangga

Alasan Untuk Berobat Anaknya, Pria di Toboali Gadaikan Motor Tetangga

Tersangka beserta barang bukti yang berhasil diamankan polisi.--(Ilham)

BABELPOS.ID, TOBOALI - Aksi nekat seorang pria di Toboali yang menggadaikan motor tetangganya merk Yamaha Mio M3 125 dengan alasan berobat anaknya kini berakhir di balik jeruji besi.

Perbuatan nekat ini dilakukan oleh terduga pelaku Nawi alias Awek (38) yang mengadaikan motor milik korban Sukman (40), saat sedang berada di rumah saudaranya di Tanjung Batu Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Kasat Reskrim Polres Basel AKP Tiyan Talingga mengatakan, terduga pelaku sempat kabur ke Tanjung Si Api Api Sumatera Selatan (Sumsel) dan tertangkap saat hendak turun dari kapal di pelabuhan.

"Penangkapan terhadap terduga pelaku ini pihak Polres Basel turut berkoordinasi dengan Polsek Sunsang melakukan penangkapan saat pelaku baru akan turun dari kapal," ungkapnya.

BACA JUGA:Buronan Curanmor Diringkus. Maling Motor 2 TKP untuk Beli Sabu

Kronologi kejadian ini bermula, pada Sabtu (23/12) korban Sukman sedang berada di rumah saudaranya di Tanjung Batu Kecamatan Toboali. Lalu pelaku Awek mendatangi rumah saudara korban yang juga tetangganya untuk meminjam motor korban dengan alasan membawa anaknya berobat yang dalam keadaan sakit. Tetapi korban ini tidak tahu nama pelaku. Namun karena dulu pelaku juga sempat meminjam motor dan dikembalikan, akhirnya dipinjamkan oleh korban kepada pelaku.

Namun, hingga pukul 18.00 motor tersebut tak kunjung dikembalikan oleh pelaku. Akhirnya korban mencari keberadaan pelaku dan akhirnya mengetahui bahwa nama pelaku adalah Nawi alias Awek.

Korban lalu menghubungi ipar pelaku menanyakan keberadaannya. Namun iparnya tidak mengetahui keberadaan pelaku. Korban lalu menuju ke lokasi camp tempat pelaku tersebut, ternyata sudah dalam keadaan kosong.

"Pada saat itu korban sempat menanyakan ke salah satu ipar pelaku tentang keberadaan Awek, namun iparnya tidak tahu dan saat di cek ke camp pelaku ternyata sudah dalam keadaan kosong, akhirnya korban melaporkan kejadian ini ke Polres Basel," jelasnya.

BACA JUGA:Bengalnya Curanmor Ini, Curi, Tinggal atau Buang Motor, Keluar Masuk Hutan Kelabui Polisi

Lebih lanjut, Kamis (28/12) Sat Reskrim Polres Basel mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku sudah ada di Pelabuhan Tanjung Si Api Api di Sumsel. Hari yang sama anggota Polres Basel langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Polsek Sunsang untuk terus memantau keberadaan pelaku. Akhirnya pelaku berhasil tertangkap saat akan turun dari kapal.

Dari hasil interogasi ternyata motor tersebut sudah digadaikan kepada seseorang yang berada di Jalan Belinyu Maras Senang, Desa Maras Senang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Tim pun segera kembali bergerak dengan membawa pelaku.

"Dari pengakuan pelaku ternyata motor tersebut sudah digadaikannya kepada seseorang di Desa Maras, lalu pada Jum'at (29/12) team menuju kerumah kediaman tempat pelaku menggadaikan motor tersebut dan langsung dibawa bersama dengan pelaku ke Mapolres Basel," terangnya.

"Barang bukti yang didapatkan, satu unit motor Yamaha Mio M3 125 warna hijau toska dengan nomor rangka MH3SE88G0JJ11858 dan nomor mesin E3R2E-2045356, satu lembar STNK, satu buah buku BPKB, terhadap pelaku terancam pasal Tindak Pidana Penggelapan sebagaimana di maksud dalam pasal 372 KUHPidana dengan hukuman penjara selama 4 tahun," tambahnya Kasat Reskrim. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: