Berulang Kali Ditertibkan Tapi Kembali Menambang, Ini Peringatan Polres Bangka Kepada Penambang Dam I

Berulang Kali Ditertibkan Tapi Kembali Menambang, Ini Peringatan Polres Bangka Kepada Penambang Dam I

Pemasangan plang larangan menambang di Dam 1 Pemali.--Tri

BABELPOS.ID, PEMALI - Polres Bangka akan melakukan tindakan tegas pasca penertiban penambang di Dam 1 Pemali yang sebelumnya terus saja beroperasi. Langkah tegas ini dilakukan karena telah beberapa kali dilakukan penertiban namun penambang kerap kembali beraktivitas. 

Kabag Ops Polres Bangka, Kompol Ayu Kusuma Ningrum mengatakan Polres Bangka akan menetapkan cara represif kepada para penambang liar di Dam 1 Pemali nantinya. Terutama apabila ada penambang tertangkap tangan melakukan aktivitas ilegal di Kolong sumber air baku PDAM Tirta Bangka ini.

"Kami imbau kepada penambang untuk tidak lagi melakukan aktivitas penambangan di Dam 1 Pemali. Kami akan menerapkan cara represif apabila masih membandel," kata Kompol Ayu Kusuma Ningrum, Jumat (8/12).

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Ratusan Personel Gabungan Kepung Tambang Dam 1 Pemali Malam-malam, Hasilnya Mengagetkan

BACA JUGA:Tak Jera, Para Penambang TI Dam 1 Pemali Diamankan

Selain itu, tindakan tegas lainnya Polres Bangka akan menerapkan sanksi kepada para penambang sesuai peraturan dan perundang-undangan yang ada.

Diketahui, aktivitas penambangan ilegal di Dam 1 Pemali ini sudah terjadi sejak awal Oktober 2023.

Beberapa kali dilakukan penertiban oleh Polsek Pemali, Polres Bangka bersama Satpol PP Bangka namun kembali beraktivitas yang terkadang aktivitasnya di malam hari.

BACA JUGA:Dikabarkan Setor 200 Ribu ke Oknum Aparat, Penambang DAM 1 Makin Ganas, Begini Dampaknya

Beberapa peralatan tambang sempat diamankan dan penambang diminta membuat surat pernyataan tidak menambang namun aktivitas tetap saja kembali terjadi.

Belakangan puluhan tambang ilegal jenis sebu-sebu kembali beraksi hingga memperparah sumber baku PDAM yang sebelumnya bening kini menjadi keruh.(*)

BACA JUGA:Beroperasi Malam Hari, Penambang Dam 1 Pemali Kocar Kacir Didatangi Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: