Tak Jera, Para Penambang TI Dam 1 Pemali Diamankan

Tak Jera, Para Penambang TI Dam 1 Pemali Diamankan

Para Penambang yang Diamankan.--

BABELPOS.ID.- PEMALI - Setelah dilakukan penertiban, aktivitas tambang ilegal (TI) sebut di DAM 1 PEMALI tak ada efek, akhirnya polisi mengamankan sejumlah penambang.

Penertiban kembali dilakukan Polres Bangka dan Polsek Pemali melalui Satreskrim pada Minggu (12/11) malam hingga Senin (13/11) dinihari atas TI sebu di sumber air baku PDAM Tirta Bangka tersebut. 

Dalam penertiban TI yang telah membuat air PDAM tercemar hingga keruh ini sedikitnya delapan unit mesin robin diamankan. Petugas juga mengamankan sejumlah peralatan tambang serta belasan penambang yang sebelumnya kerap kabur saat petugas melakukan penertiban. 

BACA JUGA:Menteri ESDM Arifin Tegaskan, Tak Ada Pengiriman Zirkon ke Luar Babel, Jika Ada, Ilegal!

Peralatan tambang serta belasan penambang kemudian diangkut ke Mapolres Bangka. Salah satu penambang yang enggan namanya ditulis mengaku dirinya nekad melakukan aktivitas secara diam-diam malam hari tersebut lantaran tergiur dengan hasil yang banyak.

''Tau pak lokasi ini sering dirazia, waktu Polsek razia malam kemarin, kita belum turun, alat-alat kita masih di hutan. Kita pikir abis di tertib itu kemarin, nggak dirazia lagi, nggak taunya masih," sebut salah satu penambang.

Penambang juga mengaku awalnya aktivitas mereka sempat dikondisikan oleh oknum TNI, namun lantaran lokasinya kerap dirazia, akhirnya penambang nekad melakukan aktivitas tanpa ada koordinasi.

"Awalnya dulu ada yang ngurus di sini pak, namanya NN dari TNI, makanya kita mau kerja di sini, tapi karena sering dirazia akhirnya dia angkat tangan, nggak mau lagi. Jadi kita kerja sendiri tanpa koordinasi, kita juga tau lokasi ini sering di razia, tapi karena alat-alat tambang kita di sini, ya kita nekad kerja, kalau kerja dari jam sebelas malam sampai jam lima subuh rencananya," ujarnya. 

BACA JUGA:Jaga Ekosistem Pesisir dan Wujudkan Net Zero Emission, PT Timah Tbk Konsisten Tanam Mangrove di Wilayah Operas

Kapolsek Pemali Iptu Judit Dwi Laksono mengatakan, pihaknya sudah kerap melakukan penertiban terhadap aktivitas TI jenis sebu-sebu di kolong Dam 1 Pemali. Kendati beberapa kali melakukan penyitaan peralatan penambang, namun hal tersebut tidak membuat jera melakukan aktivitas penambangan ilegal tersebut.

"Kami dari kepolisian baik dari Polsek Pemali maupun Polres Bangka sudah kerap melakukan penertiban. Mesin-mesin penambang pun sudah kita sita," kata Iptu Judit.

Ia tegaskan, pihaknya akan  terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas penambangan ilegal di kawasan kolong PDAM Tirta Bangka tersebut. Apabila penambang masih beraktivitas akan ada tindakan lebih tegas.

Untuk saat ini, para penambang yang diamankan masih menjalani pemeriksaan di Polres Bangka.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: