PT Timah Tidak Sedang Baik-baik Saja, Hidayat Arsani: Bantu dan Selamatkan

 PT Timah Tidak Sedang Baik-baik Saja, Hidayat Arsani: Bantu dan Selamatkan

Hidayat Arsani--

BABELPOS.ID.- Bahwa PT Timah Tbk sekarang ini sedang tidak baik-baik saja, itulah faktanya.  Posisi Direktur Utama (DIrut) yang dijabat oleh Putra Dearah, Ahmad Dani Virsal, hampir sama ketika penunjukan Putra Daerah, Thobrani Alwi menjadi Dirut.  yaitu ketika kondisi PT Timah sedang berat-beratnya.

Salah satu tokoh yang juga pengusaha dan mantan Wakil Gubernur Babel, Hidayat Arsani menyatakan, agar semua turut membantu menyelamatkan PT Timah.  Terutama kalangan yang hidup dari pertimahan.

“Ahmad Dani Virsal ini nasibnya sama dengan Thobrani Alwi, dia dihadapkan dengan kondisi PT Timah Tbk yang diambang kebangkrutan,” kata Hidayat Arsani dalam diskusi Babel Risources Institute (BRiNST) dengan jurnalis di resto Tsahang Pangkalpinang, Bangka Belitung, (9/11/2023).

Mantan Presiden Aosiasi Timah Indonesia itu mengkiritisi fakta produksi PT Timah Tbk yang kalah dari swasta, padahal Izin Usaha Pertambangan (IUP) cuma ribuan hektar. 

BACA JUGA:Dukung Kinerja PT Timah Tbk, Direktur MIND ID Laksanakan Kunjungan Kerja ke Babel

“Saya tidak menuduh siapa mencuri, tetapi persoalan ini tentunya mempunyai dampak. Kita tidak mau PT Timah Tbk di era pemimpinan Ahmad Dhani Virsal menjadi buruk, dan di bawah anaman pemecatan massal karyawannya,” kata Hidayat Arsani.

Sebagaimana diketahui pada semester pertama tahun 2023, ekspor timah anjlok ke 8.307 ton. Sementara ekspor timah dari swasta sebanyak 23.570 ton.

Hidayat mengatakan harus ada pemeriksaan eksternal dan internal mengapa PT Timah Tbk tidak bisa memproduksi timah seperti swasta. 

“Saya akan sampaikan ke Dirut Timah, perlu diawasi mitra-mitra itu. Saya sudah tanya ke Dirut Dani Virsal, ternyata IUP PT Timah Tbk ini 80 persen masih produktif, namun ke mana timahnya, disebut dijarah, oleh siapa? oleh oknum eksternal, oknum internal. Makanya saya minta aparat hukum bertindak, kejaksaan, Polda untuk menyikapi. PT Timah Tbk juga harus bersih-bersih,” kata dia.

Hidayat mengatakan, PT Timah Tbk perlu membentuk tim untuk kinerja mitra-mitra yang kerja di IUP PT Timah Tbk.

BACA JUGA:Mitra Binaan PT Timah Tbk Bisa Tingkatkan Produksi dan Perluas Pemasaran

“Kumpulkan smelter, duduk bersama kumpulkan kolektor, Insya Allah selesai, konkret, Smelter yang sudah kenyang tolonglah mengerti,” kata dia,

Kata Hidayat Arsani kondisi saat ini, jika PT Timah Tbk tidak mampu meningkatkan produksinya, maka BUMN tersebut terancam melakukan pemberhentian massal kepada karyawannya.

“Kita tidak mau itu terjadi, nasib 4.000 lebih karyawan PT Timah Tbk itu harus diselamatkan. Karena jika PHK dilakukan maka akan menjadi masalah berat Bangka Belitung, akan meningkatkan pengangguran, dampaknya akan besar untuk Bangka Belitung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: