Mitra Binaan PT Timah Tbk Bisa Tingkatkan Produksi dan Perluas Pemasaran

Mitra Binaan PT Timah Tbk Bisa Tingkatkan Produksi dan Perluas Pemasaran

Produk Mitra Binaan PT Timah Tbk--

Wujudkan Kemandirian UMKM dengan Program PUMK

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang penting perekonomian Indonesia. UMKM merupakan salah satu sektor yang mampu menciptakan lapangan kerja.

BACA JUGA:Jalan Berlubang di Nyelanding Diperbaiki Warga, Ini Respon Dinas PUPR Babel

Untuk mendukung kemandirian dan pengembangan UMKM, PT Timah Tbk terus melaksanakan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) untuk mendorong UMKM naik kelas.

Diterapkan sejak tahun 2000, tercatat ribuan UMKM di Wilayah Operasi PT Timah Tbk di Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, dan Jakarta telah memanfaatkan program PUMK PT Timah Tbk.

Program PUMK PT Timah Tbk tidak hanya memberikan pinjaman modal kepada pelaku UMKM, namun juga memberikan pembinaan, pendampingan, dan pelatihan agar para mitra binaan dapat mengembangkan usahanya.

BACA JUGA:Jalan Berlubang di Nyelanding Diperbaiki Warga, Ini Respon Dinas PUPR Babel

PT Timah Tbk Januari-Oktober 2023 telah menyalurkan dana sebesar Rp6,8 miliar kepada 191 pelaku usaha di wilayah operasional perseroan. Program PUMK PT Timah Tbk telah memberikan manfaat langsung kepada UMKM.

Anggota holding MIND ID Mining Industry juga membantu UMKM dalam promosi dan pemasaran produk. Dalam promosi, PT Timah Tbk kerap mendatangkan produk mitra binaannya untuk mengikuti pameran di event lokal, nasional, dan internasional.

Dari sisi pemasaran, PT Timah Tbk memasarkan produk mitra binaan melalui Galeri Kaleng, Rumah BUMN, Galeri Serumpun Sebalai, dan pasar digital UMKM PADI.

BACA JUGA:Gandeng Disperindag, Honda Babel Ajak Muda-mudi Jadi Konsumen Cerdas dan #Cari_Aman

Salah satu mitra binaan PT Timah Tbk yang berhasil mengembangkan usahanya setelah menjadi mitra binaan adalah Hamid, warga Provinsi Kepulauan Riau.

Hamid mengatakan usaha pembuatan terasi miliknya berkembang cukup baik setelah bermitra dengan PT Timah Tbk. Ia memulai usaha pembuatan terasinya 10 tahun lalu.

Setelah beberapa tahun menjalankan usaha pembuatan terasi ini, Hamid dan istrinya ingin mengembangkan usaha pembuatan terasi tersebut agar bisa dipasarkan ke luar pulau. Namun mereka terkendala modal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: