Ketahui Ini, 11 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Ketahui Ini, 11 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Daging sebagai salah satu sumber protein.--Ist

BABELPOS.ID - Protein sangat penting bagi tubuh sebagai pembentuk sel dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. 

Jika kekurangan protein, selain menghambat pembentukan sel tubuh, juga membuat tubuh lemah.

Kekurangan protein bisa terjadi karena sindrom malabsorpsi, yaitu seseorang yang tidak bisa mencerna dan menyerap protein dengan baik.

Malabsorpsi terjadi ketika tubuh kekurangan enzim pencernaan seperti pepsin dan kekurangan asam klorida (HCL) di lambung, yang diperlukan untuk pencernaan protein. Usia atau pola makan buruk yang banyak mengonsumsi makanan olahan adalah penyebab umum.

 BACA JUGA:Ternyata Kopi Bisa Atur Berat Badan, Tapi...

BACA JUGA:Ini Tips Liburan ke Qatar yang Penting Untuk Disimak

Ahli gizi terdaftar dan instruktur koki di Institute of Culinary Education Susan Greeley, seperti disiarkan laman Well and Good, Selasa (24/10), menyoroti 11 gejala kekurangan protein yang mungkin merupakan cara tubuh tahu untuk mengonsumsi lebih banyak protein.

1. Penyembuhan luka yang lama

Jika memiliki luka yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh, hal itu mungkin disebabkan oleh kekurangan protein yang menyebabkan pembentukan kolagen terganggu, dan luka juga bisa bertambah parah.

2. Daya tahan tubuh lemah dan mudah infeksi

Asupan protein yang rendah juga dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Mekanismenya berkaitan dengan peran asam amino dalam membentuk antibodi, alias protein, dan mengatur respons imun, kata Greeley.

3. Kehilangan masa otot

"Ini biasanya berkaitan dengan usia, tapi, bisa terjadi pada semua usia karena kekurangan gizi, gangguan makan, penyakit, dan sebagainya," kata Greeley.

Oleh karena itu, menjaga asupan protein seiring bertambahnya usia sangatlah penting. Beberapa cara mudah untuk tetap menjaga asupan protein adalah makan makanan berprotein tinggi seperti selai kacang berprotein tinggi , smoothie dengan beberapa bubuk protein atau membuat salad pasta berprotein tinggi dalam jumlah besar untuk dinikmati sepanjang minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara