Anda Merasa Lebih Panas Akhir-akhir Ini? Ketahui Penyebab dan Tipsnya

Anda Merasa Lebih Panas Akhir-akhir Ini? Ketahui Penyebab dan Tipsnya

Fenomen suhu panas Indonesia --Instagram BMKG

Faktor-faktor lain seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembapan udara memiliki dampak yang lebih besar juga terhadap kondisi suhu terik di suatu wilayah seperti yang terjadi saat ini di beberapa wilayah Indonesia.

BACA JUGA:4 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Anda Coba

Kondisi fenomena panas terik ini diprediksikan masih dapat berlangsung dalam periode oktober ini, mengingat kondisi cuaca cerah masih cukup mendominasi pada siang hari.

"BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya," tulis siaran pers BMKG, Minggu 30 September.

BACA JUGA:Vape Bisa Turunkan Gairah Seksual?

Berikut Tips agar Tetap Sehat saat Cuaca Panas

Meski cuaca panas, aktivitas kita jangan sampai terhenti. Delapan tips ini bisa kamu terapkan jika harus beraktivitas di luar ruangan dalam kondisi cuaca panas.

Mengutip halodoc.com, berikut 8 tips tersebut;

1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih lebih banyak dari biasanya. Hal ini penting karena salah satu dampak cuaca panas adalah hilangnya cairan tubuh dalam jumlah banyak. Jika dibiarkan dapat berujung menjadi dehidrasi. Dengan minum banyak air putih, keseimbangan cairan tubuh akan selalu terjaga. 

2. Perbanyak Konsumsi Buah

Seperti air putih, mengonsumsi buah-buahan saat cuaca panas juga penting, khususnya buah yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, dan jeruk. Buah-buahan jenis ini membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan memberi vitamin untuk mendukung daya tahan tubuh.

BACA JUGA:Cara Kembalikan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

3. Gunakan Krim Pelembab

Gunakan krim pelembab jika beraktivitas di luar ruangan. Karena saat cuaca panas kulit menjadi rentan. Krim pelembab bermanfaat untuk melindungi kulit tetap lembab menjaganya dari kekeringan dan iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg.go.id