Pentas Seni dan Pekan Literasi, Cara SMA Negeri 1 Lepong Perkuat Budaya

Pentas Seni dan Pekan Literasi, Cara SMA Negeri 1 Lepong Perkuat Budaya

Pekan literasi di SMA 1 Lepong.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Lepar Pongok (Lepong) Kecamatan Kepulauan Lepar Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar kegiatan pentas seni dan pekan literasi selama 2 hari, Senin, Selasa (25, 26/09). Acara berlangsung meriah diikuti peserta dari siswa TK, SD, SMP dan SMA di Lepar, dan beberapa peserta SMA dari Toboali.

Pada kegiatan tersebut digelar beberapa lomba yakni, Single Vocal, Layangan dan pekan Literisasi dengan tema "Ayo Menulis".

BACA JUGA:Debby Vita: Gebyar Literasi Ajang Promosi Karya Masyarakat

Kepala Sekolah SMA 1 Negeri Lepong Jasman menyampaikan, berdasarkan keputusan Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, SMA Negeri 1 Lepong dan SMA Muhammadiyah dinobatkan menjadi sekolah penggerak.

"Hal ini sesuai dengan kegiatan positif yang selalu dihadirkan dan menghasilkan karya - karya terbaik dari siswa maupun para Guru," tuturnya, Rabu (27/09).

BACA JUGA:Perpusnas Gandeng PWI dan Pemkab Gelar Program Inkubator Literasi Basel

Disebutkannya, bahwa antara budaya dan literisasi berkaitan sangat erat. Lewat literisasi dan budaya, potensi daerah dapat semakin dikenal banyak orang.

"Oleh sebab itu kegiatan ini sebagai langkah awal pengenalan para siswa kepada budaya asli daerah yang dikemas bersama literasi sehingga orang di luar sana menjadi tahu apa saja budaya di daerah tersebut," tuturnya.

BACA JUGA:PWI Basel Kenalkan Jurnalistik Dasar Kepada Anak-anak Raimuna

Dijelaskannya, setiap tahun SMA 1 Negeri Lepong selalu menggelar kegiatan literasi. Tak hanya itu, setiap bulan pihaknya juga melakukan bedah buku bersama murid maupun guru.

"Hal ini terbukti dengan diterbitkannya 2 buku pada tahun ini yakni karya para murid dan guru, yaitu Buku Budaya di Lepar Pongok serta Buku Supervisi pembelajaran Teknik Coaching, yang saya tulis sendiri," sebutnya.

"Harapannya dengan literisasi ini, serta dikombinasikan dengan budaya para siswa, nantinya akan lebih jauh lagi wawasannya dan bisa memperkenalkan budaya daerah ya masing - masing," tambah Jasman.

BACA JUGA:SMA Muhammadiyah Toboali Juara Cerdas Cermat Tingkat Provinsi di Kejati Babel

Kepala Cabdin Pendidikan Babel, Dr Wahyudi mengapresiasi kegiatan Pentas Budaya dan Pekan Literasi SMAN 1 Lepar Pongok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: