Bunda Paud Bangka Tengah Ajak Orangtua Penuhi Hak Anak

Bunda Paud Bangka Tengah Ajak Orangtua Penuhi Hak Anak

Bunda Paud Bangka Tengah, drg Eva Algafry--

BABELPOS.ID, KOBA - Orangtua memiliki kewajiban dalam memenuhi hak anak,  bahkan hak anak disahkan oleh negara Indonesia dalam Keputusan Presiden No 36 Tahun 1990.

Dalam hal ini, ada 10 hak anak yang perlu diketahui, yakni hak mendapatkan identitas, pendidikan, bermain, perlindungan, rekreasi, makanan, jaminan kesehatan, status kebangsaan, hak untuk turut berperan dalam pembangunan, dan mendapatkan kesamaan.

BACA JUGA:Enak Banget Nih, Nonton YouTube Dapat Saldo DANA Gratis, Begini Caranya

Bunda Paud Bangka Tengah, drg Eva Algafry mengatakan bahwa dengan semakin terbukanya informasi, maka semua orang, terutama orang tua semakin tahu apa saja hak anak yang harus dipenuhi.

"Orangtua sekarang pasti lebih tahu mengenai hak anak dalan hal pendidikan, kesehatan, makanan, hingga perlindungan," ujar Eva, pada Jumat (22/9/2023).

BACA JUGA:Belum Ada Penunjukkan Titik APK dari KPU, Bawaslu Bateng Masih Sosilisasi

Menurut Eva, hak anak ini sudah banyak terakomodir oleh berbagai pihak, khususnya sekolah tempat anak belajar.

"Bahkan di ruang publik, sekarang banyak tag line ramah anak. Sehingga dapat dilihat kesadaran terhadap hak anak semakin baik," tuturnya.

Kata Dia, orang tua memiliki peranan paling penting untuk memenuhi hak anak.

"Tapi kita juga harus maklum, karena tidak semua orangtua stay di rumah, ada yang berjibaku mencari rezeki alias bekerja pergi pagi pulang sore, bahkan pulang malam, apalagi jika dirasa ekonomi yang ada kekurangan," tuturnya.

BACA JUGA:Kapolsek Lepong Ajak Jaga Ekosistem Mangrove

"Jadi, boro-boro berbicara mengenai parenting dan pola pengasuhan, karena barangkali pola makan juga kesulitan, namun juga ada kemungkinan meski berkecukupan, informasi tentang hak anak masih minim," sambungnya.

Ia juga mendorong, agar orang tua bisa menggunakan perkembangan digital dan informasi secara maksimal.

BACA JUGA:Borong 3 Penghargaan, Keberhasilan Transformasi Bawa BRI Sebagai ‘Bank dengan Kinerja Keuangan Terbaik’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: