September Nanti Harmoni Belinyu 2023, Ajang Rawat Budaya dan Legitimasi Otak-otak

September Nanti Harmoni Belinyu 2023, Ajang Rawat Budaya dan Legitimasi Otak-otak

Camat Belinyu Lingga Pranata menyerahkan plakat kepada Bupati Mulkan.-Tr-

"Mudah-mudahan kalau kegiatan ini diteruskan pada tahun mendatang dapat masuk kalender kegiatan wisata Kabupaten Bangka," kata Rismy Wira Madona. 

BACA JUGA:Menteri Sandi Uno akan ke Bangka, Wira: Momen Berharga untuk Promosi Wisata

Sementara itu Bupati Bangka, Mulkan menyambut baik Harmoni Belinyu 2023 dengan berbagai rangkaian yang telah disiapkan. Pemkab Bangka melihat dengan Harmoni Belinyu dapat menyatukan masyarakat di daerah. 

"Melalui even kegiatan ini apalagi kegiatan Harmoni yang merupakan kegiatan penggabungan dalam satu kegiatan, itu lah salah satu tujuannya (menyatukan). Kegiatan ini juga melestarikan adat budaya," ungkap Mulkan. 

BACA JUGA:Dewi Tari Bangka Masuk 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Menurutnya, Harmoni Belinyu juga mempromosikan daerah sehingga lebih dikenal masyarakat baik secara lokal, nasional maupun internasional. Diharapkan, orang tidak sekedar tahu Belinyu, tetapi mengetahui apa yang dimiliki Kecamatan Belinyu. 

Ia mendorong tiap daerah memiliki ciri khas dan identitas yang mana seperti Belinyu tak hanya ada wisata tetapi juga terdapat kegiatan ekonomi seperti usaha kuliner Otak-otak masyarakat. 

"Otak-otak sekarang sudah dipatenkan bahwa penghasilnya dari Belinyu, jangan diklaim lain," ujarnya. 

BACA JUGA:Fam Trip 2023, Cara Dinparbud Kenalkan Destinasi Wisata Bangka

Saat ini juga terus diupayakan menggali potensi guna peningkatan ekonomi masyarakat. Pemkab Bangka akan mendukung penuh perekonomian masyarakat yang bergerak di bidang wisata dan kuliner seperti nanti di Harmoni Belinyu. 

"Kami memberi apresiasi Harmoni Belinyu untuk menyatukan masyarakat yang ada di Belinyu, sehingga kondisi masyarakat Belinyu sejauh ini berjalan kondusif," katanya. 

Dalam Harmoni Belinyu 2023 nantinya ikut digelar Bazar UMKM, tari budaya, karnaval daerah, parade dambus, pelatihan. Selain itu akan ada penampilan band lokal, colour run, DJ Performance, penyerahan hak paten Otak-otak Belinyu, makan Otak-otak Gratis dan penampilan artis ibukota.(*)

BACA JUGA:Yuk ke Wisata Alam Sungai Simpang Kota Waringin, Bisa Rekreasi Sambil Mancing Udang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: