September Nanti Harmoni Belinyu 2023, Ajang Rawat Budaya dan Legitimasi Otak-otak

September Nanti Harmoni Belinyu 2023, Ajang Rawat Budaya dan Legitimasi Otak-otak

Camat Belinyu Lingga Pranata menyerahkan plakat kepada Bupati Mulkan.-Tr-

BABELPOS.ID, BELINYU - Harmoni Belinyu 2023 akan diselenggarakan untuk mengangkat potensi budaya, kuliner, dan religi Kecamatan Belinyu. Kegiatan yang akan berlangsung pada 28-30 September berpusat di halaman Rumah Dinas Camat Belinyu. 

Camat Belinyu, Lingga Pranata menyatakan kegiatan Harmoni Belinyu 2023 merupakan wujud kecintaan kepada Belinyu dan melihat potensi Belinyu yang harus digali mulai dari budaya, kuliner, dan religi. Potensi tersebut kembali diangkat dalam Harmoni Belinyu mengingat mulai pudarnya beberapa budaya masyarakat di kalangan anak muda Belinyu saat ini. 

BACA JUGA:Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023, Disparbud Yakin Tembus 10 Besar

Berbagai kegiatan diadakan seperti tablig akbar, marawis, dan pantun nantinya akan melibatkan banyak anak muda Belinyu, juga partisipasi desa dan kelurahan di Kecamatan Belinyu. 

"Rencana kami kegiatan ini juga ada perlombaan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga masyarakat umum. Kegiatan ini untuk menarik orang berkunjung ke Belinyu yang harmonis," kata Lingga Pranata di Sungailiat, Minggu (20/8). 

BACA JUGA:Lewat Trabel#1, Wisata Belinyu Diharap Kian Terkenal

Menurutnya, beberapa kegiatan diangkat dari tradisi lokal Belinyu seperti Tari Kedidi dan seni Dambus asal Desa Bintet. Potensi yang digali dari kebudayaan Belinyu ini diharap mengangkat potensi sekaligus jadi ajang menghimpun pelaku seni di Belinyu.

Upaya Harmoni Belinyu 2023 juga untuk melestarikan budaya Belinyu di tengah meningkatnya perkembangan teknologi seperti gadget yang banyak memengaruhi perubahan perilaku. Momen ini juga mengembalikan Otak-otak Belinyu sebagai hak paten orang Belinyu. Mengingat beberapa waktu lalu sempat upaya klaim daerah lain atas Otak-otak Belinyu. 

"Harapan kami dengan kita dengungkan Otak-otak Belinyu, akan menjadi daya tarik orang ke Belinyu, ditambah dengan keramahan masyarakat Belinyu. Kami "mengambil dan merawat" Otak-otak Belinyu," sebutnya. 

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Leluhur dan Kenalkan Wisata Sunur Lewat Betungkah

Ia lanjutkan, Harmoni Belinyu 2023 juga dianggap pembuktian Kecamatan Belinyu bukan sebagai kecamatan yang tertinggal. Belinyu dalam hal ini layak untuk menjadi tempat dikunjungi sebagai usaha bersama seluruh elemen masyarakat sesuai semboyan Belinyu, "Bersatu". 

"Kami berharap masyarakat Bangka dan Bangka Belitung dapat hadir dalam Harmoni Belinyu mendatang," katanya. 

BACA JUGA:Ikut Gebyar Wisata Nusantara Expo, Dinparbud Bangka Pamerkan Ini

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madona pihaknya mendukung dan mengapresiasi kegiatan Harmoni Belinyu. Kegiatan ini diharap terlaksana baik yang merupakan bentuk harmoni dan sinergi masyarakat Belinyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: