Kakanwil Kemenkumham Babel Buka Lomba Kadarkum Bagi Pelajar SMA

Kakanwil Kemenkumham Babel Buka  Lomba Kadarkum Bagi Pelajar SMA

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung buka  Lomba Kadarkum bagi  Pelajar SMA se Babel di Gedung Mahligai Rumah Dinas Pj. Gubernur Babel, Kamis (10/8/2023).

Dalam sambutannnya, Harun mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi Hukum juga untuk meningkatkan kesadaran  hukum para pelajar SMA/SMK agar jadi  generasi yang cerdas, memahami hukum, dan menjadi agen perubahan untuk mengajak semua orang taat kepada Hukum.

BACA JUGA:Hadiah HUT RI, Sukirman dan Ming Ming Tak Naikkan Harga Sewa Ruko

"Materi yang dilombakan terkait , Kekayaan Intelektual, Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika dan taat berlalu Lintas," ujar Harun.

Harun menyebutkan empat indikator kesadaran hukum yang terdiri dari, pengetahuan tentang peraturan hukum; pemahaman tentang isi peraturan hukum, sikap terhadap peraturan-peraturan hukum dan perilaku/tindakan terhadap peraturan hukum.

“Kesadaran hukum akan terwujud apabila  didukung oleh budaya hukum yang baik," kata Harun. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Azami Anwar mengapresiasi kegiatan ini . 

BACA JUGA:Pemprov Babel Terus Matangkan Persiapan Peringatan HUT ke-78 Kemerderkaan RI

“Ini merupakan ajang untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan pelajar mengenai kesadaran hukum, untuk diterapkan di keluarga, masyarakat dan di lingkungan sekitar," ucap Azami.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 Kementerian Hukum dan HAM RI. Lomba ini diikuti oleh 7 sekolah yang mewakili Kabupaten/ Kota di wilayah Babel, yaitu SMA Negeri 3 Pangkalpinang, SMA Negeri 2 Sungaiselan, SMK Negeri 1 Kelapa, SMK Negeri 1 Simpang Rimba, SMA Negeri 1 Tanjungpandan, SMA Negeri 1 Riau Silip dan SMK Negeri 1 Manggar.

Dewan jurinya adalah Kepala Seksi Pengawas BNNP Babel  Iptu Minarno, JFT Perancang Madya M. Iqbal, serta JFT Penyuluh Hukum Madya Ferry Yulianto.

BACA JUGA:Ombudsman Babel Siapkan Peringatan Satu Dekade Pengabdian

Melihat semangat dan antusiasnya para  peserta,  Eva mengatakan  lomba kadarkum ini rencananya akan menjadi agenda tetap tahunan program kanwil hukum HAM Babel

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Babel Irjen Pol. Yan Sultra, Asisten Tindak Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Babel Suwarno, dan Hakim Ad-hok Tindak Pidana Korupsi Pengadilan Tinggi Babel Untung Pramono.(pas/rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: