Pemuda Pelaku Wirausahan Bangka Dapat Bantuan Modal dari Kemenpora

Pemuda Pelaku Wirausahan Bangka Dapat Bantuan Modal dari Kemenpora

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Prof. Dr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh, M.A-Ist-

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Prof. Dr. H. M. Asrorun Ni'am Sholeh, M.A mengatakan kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan yang dilaksanakan Deputi Kewiraan Pemuda Kemenpora bersama Pemerintah Kabupaten Bangka, merupakan langkah awal penyadaran untuk menumbuhkan sikap mental yang dibutuhkan seorang wirausahawan.

"Desainnya pentahapan penumbuhan minat kewirausahaan, dengan tahap pertama, membangunkan mindset kewirausahaan dikalangan anak muda. Karena pada hakekatnya setiap anak muda memiliki potensi kewirausahaan, tetapi tidak semua potensi itu disadari maka tahap pertama membangun kesadaran pentingnya jiwa kewirausahaan dan pentingnya menumbuh kembangkan itu dalam langkah - langkah aktual," ujar Asrorun Ni'am Sholeh kepada Babel Pos di Sungailiat, Minggu (6/8/2023).

BACA JUGA:Pesan Asdep Kemenpora: Pemuda harus Semangat, Inovatif & Kreatif

BACA JUGA:Pemuda Peduli Ekonomi Babel Bakal Seminar Ekonomi Kebangsaan

Nanti tahap kedua, dilakukan pendampingan bisnis proses untuk memulai usaha. Dan tahap yang ketiga adalah upaya memulai dengan dukungan fasilitas permodalan.

"Jadi anak-anak muda yang memiliki talenta, minat, keberanian untuk memulai, dia diberikan dukungan fasilitasi untuk mengembangkan Kewirausahaannya," jelasnya.

Ini ditujukan untuk menopang komitmen pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, dengan memperbanyak wirausahawan muda, sebagai salah satu ikhtiar memandirikan Indonesia, khusus ekonomi.

"Tahap berikutnya nanti juga ada pembinaan, fasilitasi untuk pameran, jejaring dengan pelaku usaha sudah mampan, promosi dan juga apresiasi," kata Asrorun.

BACA JUGA:Bupati Mulkan Beri Motivasi Pemuda Berwirausaha

BACA JUGA:Lewat Pelatihan Komputer, Karang Taruna Bangka Ciptakan Pemuda Entrepreneur

Ada 170 anak muda di Kabupaten Bangka yang mengikuti kegiatan penumbuhan minat kewirausahaan dari awal hingga akhir. Hal ini menurutnya salah satu bukti spirit kewirausahaan dikalangan anak muda sudah tumbuh.

"Disamping mengikuti kuliah, mereka juga sudah ada yang menjadi praktisi di bidang kewirausahaan, atas ikhtiar itu saya memberi apresiasi, langsung semacam golden tiket untuk memproleh dukungan fasilitasi," janjinya.

"Tadi sudah ada beberapa orang yang sudah memiliki minat kewirausahaan dan memulainya, kemudian kita apresiasi dalam bentuk permodalan," tambah Guru Besar Bidang Ilmu Fikih Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Syahid) Jakarta ini.(*)

BACA JUGA:Karang Taruna Bangka Ajari Pemuda Budidaya dan Bikin Pakan Ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: