Pj Ketua TP PKK Maya Suganda Pasaribu, Inginkan Jumlah Koperasi di Kep. Babel Tumbuh dan Aktif

Pj Ketua TP PKK Maya Suganda Pasaribu, Inginkan Jumlah Koperasi di Kep. Babel Tumbuh dan Aktif

Ist/Dokumentasi Diskominfo Babel--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG- Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Maya Suganda Pasaribu melakukan audiensi sekaligus mengunjungi Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Kep. Babel, Selasa 25/7/2023. 

Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kep. Babel, Maya Suganda Pasaribu Mengatakan kehadirannya bersama pengurus bertujuan untuk mencari informasi atau kebijakan baru dari Dinas Koperasi dan UKM terkait koperasi. 

“Karena kami sering melakukan pembinaan ke lapangan, memantau dan juga melihat koperasi-koperasi yang ada di kabupaten, kecamatan bahkan di desa, jadi kami ingin mendapatkan informasi ter _update_ tentang koperasi, sebagai sumber informasi kami untuk disampaikan ke masyarakat,” ujarnya. 

Maya Suganda Pasaribu juga menjelaskan beberapa kendala yang dihadapinya saat melakukan pembinaan di lapangan. Seperti masih minimnya koperasi-koperasi yang berdiri di Kabupaten/Kota yang disebabkan beberapa faktor seperti, kurangnya pengetahuan tentang koperasi, persoalan biaya dan modal utama. 

Untuk itu dirinya berharap koperasi-koperasi yang ada di Kabupaten/ Kota di Kep. Babel bisa lebih banyak berdiri dan aktif kembali melakukan kegiatan koperasi. 

Menurut Kepala Bidang Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Kep. Babel Sopiar mengatakan terdapat 735 Koperasi aktif di Kep. Babel, 217 unit Koperasi RAT, dan 363 Koperasi memiliki sertifikat NIK. Dalam hal ini terjadi kenaikan jumlah koperasi pada tahun 2023, dan ada 112 Koperasi yang menjadi  binaan Pemerintah Provinsi. 

Selain itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kep. Babel, Yulizar Adnan menyampaikan bahwa akan mengajukan anggaran untuk membantu koperasi yang memerlukan biaya.

“Kami siap melakukan sosialiasi untuk menambah pengetahuan masyarakat yang ingin mendirikan koperasi, tinggal diatur kapan pelaksanaannya dan akan kami ajukan anggaran untuk koperasi di Kep. Babel,” pungkasnya. 

Disela pembicaraan Pj. Ketua TP PKK  juga menyampaikan maksud dan tujuannya untuk mengaktifkan kembali koperasi Kep. Babel. Dalam hal ini mempunyai kendala dua nama koperasi yang berbeda tapi dengan satu alamat. 

Menanggapi hal tersebut, Sopiar menuturkan akan berkoordinasi ke Bidang Notaris, apakah nanti bisa merubah atau mendirikan kembali Koperasi Provinsi di bawah naungan TP PKK Provinsi Kepulauan Babel.

“Kami siap mendampingi, dan akan kami konsultasikan ke notaris. Nanti anggaran dasarnya juga akan di detilkan, pasal demi pasal,” tuturnya. 

Penulis : Elvianti

Foto : Jo Fandi 

Editor : Imelda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: