Esperanto: Bahasa Persahabatan Dunia

Esperanto: Bahasa Persahabatan Dunia

--

 

 

Oleh: Wingki Fianika (Guru dan Anggota Asosiasi Esperanto Indonesia)

 

SALUTON! Begitulah sapaan yang biasa diucapkan penutur bahasa Esperanto ketika saling bertemu. Bahasa ini merupakan bahasa buatan yang masih bertahan hingga saat .ini. Bahasa Esperanto dikembangkan oleh Dr. Ludovic Lazarus Zamenhof sejak tahun 1873 ketika ia masih sekolah.

 

Zamenhof lahir di Bialystok, Polandia, pada 15 Desember 1859. Di kota kelahirannya, terdapat beberapa suku bangsa. Seringnya terjadi konflik antarsuku bangsa menjadi latar belakang terciptanya bahasa ini. Ia meyakini bahwa konflik tersebut terjadi karena masing-masing suku bangsa tidak dapat berkumonikasi satu sama lain ketika terjadi konflik.

 

Berangkat dari latar belakang tercipatanya bahasa Esperanto, Zamenhof memiliki cita-cita yang besar, yaitu menyatukan umat manusia dalam kehidupan yang damai dan dapat saling berkomunikasi satu sama lain tanpa adanya batasan. Untuk itu, bahasa Espranto dibuat sesederhana mungkin sehingga semua orang dapat menguasai bahasa tersebut dengan mudah.

 

 

 

Tata bahasa Esperanto

 

Tata bahasa Esperanto lebih sederhana jika dibandingkan dengan bahasa alami lainnya, misalnya terdapat akhiran-akhiran berbeda yang menunjukkan kata sifat, kata benda, dan kata perintah atau ajakan. Akhiran -o digunakan untuk menunjukkan kata benda, contohnya, floro 'bunga', birdo 'burung', dan besto 'hewan'. Akhiran -a untuk menunjukkan kata sifat, contohnya, bona 'baik', bela 'indah', alta 'tinggi'. Akhiran -e digunakan untuk menujukkan kata keterangan, contohnya, nuntempe 'sekarang', Dimanĉe 'di hari Minggu', dan vespere 'di malam hari'. Akhiran -i menunjukkan kata kerja, contohnya, skribi 'menulis', ludi 'bermain', dan stari 'berdiri'. Ada juga akhiran -u untuk menunjukkan kata perintah atau ajakan, contohnya skribu 'tulislah', legu 'bacalah', dan kuru 'berlarilah'.

 

Pola kalimat dalam bahasa Esperanto tidak memiliki bentuk yang tetap. Contohnya, mi manĝas pomon 'saya sedang makan sebuah apel', atau bisa juga mi pomon manĝas. Hal ini berlaku karena bahasa Esperanto memiliki fungsi akusatif yang menandai objek langsung.

 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Helmar Frank dari Universitas Paderborn yang dikutip dari italki.com, siswa yang mempelajari bahasa Esperanto selama setahun menghasilkan kemampuan setara dengan rata-rata siswa yang mempelajari bahasa lain di Eropa selama enam atau tujuh tahun. Hal ini disebabkan oleh tata bahasanya yang sederhana.

 

Selain mudah dipelajari, bahasa ini juga membantu mengefektifkan waktu untuk mempelajari bahasa lainnya. Hal ini disebabkan oleh bahasa Esperanto yang memiliki fungsi propaedeutik, yaitu fungsi persiapan sehingga pemelajar bahasa dapat memiliki kesadaran terhadap hal utama yang hendak dipelajari pada bahasa sasaran.

 

 

 

Komunitas dan Penutur Bahasa Esperanto di Indonesia

 

Asosiasi Esperanto Indonesia (IEA) yang berdiri pada tanggl 7 April 2013 merupakan perwakilan resmi dari Asosiasi Esperanto Universal (UEA). Saat ini, IEA melakukan pertemuan rutin setiap bulan bagi para anggotanya dan juga membuat konten-konten bahasa Esperanto di media sosial. Selain itu, IEA membuka kelas belajar bahasa Esperanto tingkat dasar secara gratis bagi siapa pun yang berminat.

 

Saat ini, jumlah penutur bahasa Esperanto sebagai bahasa kedua diperkirakan mencapai 2 juta orang di seluruh dunia. Sementara itu, penutur bahasa Esperanto sebagai bahasa ibu diperkirakan mencapai 2.000 orang.

 

Berdasarkan data keanggotaan Asosiasi Esperanto Indonesia (IEA), jumlah penutur bahasa Esperanto di Indonesia setiap tahunnya rata-rata berjumlah 15 sampai 20 orang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Jumlah ini masih belum termasuk penutur bahasa Esperanto di luar keanggotan IEA.

 

           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: