Kantor Bahasa Babel Gelar Bengkel Sastra Penulisan Cepen di Beltim

Kantor Bahasa Babel Gelar Bengkel Sastra Penulisan Cepen di Beltim

--

KANTOR Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Kegiatan Bengkel Sastra Penulisan Cerita Pendek bagi Siswa SMP di Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 23--25 Mei 2023 di Hotel Oasis Manggar ini diikuti sebanyak 50 peserta yang berasal dari 18 SMP di Kabupaten Belitung Timur.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur, Alvian, S.Pd. Dalam sambutannya Beliau berpesan agar para peserta tetap mengikuti kegiatan dengan santai namun tetap fokus agar kegiatan bengkel sastra terasa lebih menyenangkan.

"Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan bagi siswa di Kabupaten Belitung Timur. Tujuannya untuk membangkitkan semangat dan memotivasi anak-anak agar mereka senang membaca dan menulis," kata Alvian.

Selain itu, Alvian mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Belitung Timur melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Timur mendukung pelaksanaan kegiatan Bengkel Sastra Penulisan Cerita Pendek bagi Siswa SMP di Kabupaten Belitung Timur yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Babel dengan cara akan menindaklanjuti kegiatan ini ke depannya.

"Tahun depan Dinas Pendidikan berencana akan melaksanakan lomba menulis cerita pendek agar anak-anak semangat untuk mulai latihan menulis." Jelas Alvian.

Kepala KANTOR Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Pradipta Putra Pratama, S.S., menyampaikan bahwa tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan tambahan kepada siswa SMP terkait penulisan cerpen.

"Kegiatan ini merupakan impelementasi salah satu dari tiga program prioritas Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni Literasi, Kebahasaan dan Kesastraan," kata Pradipta.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Ares Fujian (penulis dan guru SMAN 1 Manggar) dan Rizqi Turama, S.Pd., M.A. (cerpenis dan dosen UNSRI).

Pelatihan berlangsung selama tiga hari. Hari pertama diisi dengan materi pengantar teori cerpen, mencari ide dalam penulisan cerpen, dan membuat kerangka karangan dalam penulisan cerpen. Sementara itu, pada hari kedua peserta mempelajari teknik penulisan cerpen dan mencoba praktik penulisan cerpen.
Kamudian pada hari ketiga, peserta diajarkan materi tentang penyuntingan dan juga pengevaluasian terhadap karya yang mereka buat. Kegiatan Bengkel Sastra Penulisan Cerita Pendek ini berlangsung dengan lancar dan penuh antusias dari para peserta.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi siswa untuk mengembangkan imajinasi dan keterampilan menulis mereka sehingga mereka selalu bersemangat dan semakin giat untuk menulis.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: