Catat! 6 Kebiasaan Ini Meningkatkan Resiko Diabetes

Catat! 6 Kebiasaan Ini Meningkatkan Resiko Diabetes

Ilustrasi --Ist

- Mengonsumsi karbohidrat rafinasi

Makanan seperti tepung maida dan gula rafinasi adalah salah satu penyebab dari obesitas dan diabetes. Karena gula rafinasi dan maida sudah dicerna dalam bentuk karbohidrat, kandungannya bisa cepat diserap ke dalam aliran darah dan menyebabkan lonjakan gula, yang mendorong peningkatan jumlah insulin yang tinggi.

Sebagai perbandingan, karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan sehingga kadar gula dalam darah juga naik perlahan dan sekresi insulin berlangsung lebih fisiologis.

- Merokok

Merokok baik dalam bentuk rokok tembakau atau rokok elektrik merugikan bagi kesehatan seseorang karena asapnya mengandung bahan kimia berbahaya dan karsinogen yang mempengaruhi setiap organ tubuh dan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Selain penyebab penyakit paru-paru dan kanker, rokok juga dapat menyebabkan resistensi insulin dan mengganggu produksi dan pemanfaatan insulin dalam tubuh.

BACA JUGA:Kentang Sehat Dikonsumsi Sehari-hari? Simak Ini

BACA JUGA:Waw! 14 Juta Kasus Diabetes Tipe 2, Ini Penyebabnya

- Stres

Jika menjalani gaya hidup dengan tingkat stres tinggi dan tidak menemukan cara untuk menangani stres Anda dengan baik, bisa mempengaruhi kadar gula darah yang menjadi pemicu diabetes.

Membuat perubahan positif pada kebiasaan gaya hidup dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena diabetes. Orang dengan riwayat keluarga diabetes perlu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sejak usia 45 tahun.

- Mengonsumsi minuman alkohol

Hati adalah organ detoksifikasi dan penstabil gula tubuh. Kelebihan kadar alkohol dalam tubuh dapat merusak hati yang memicu ketidakseimbangan gula dalam tubuh. Selain itu, alkohol pada dasarnya adalah kalori kosong tanpa manfaat gizi sehingga dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.(*)

BACA JUGA:Buat Penderita Diabtes, Ini 5 Makanan Untuk Mengontrol Gula Darah Anda

BACA JUGA:Jangan Cuma Softdrink, Coba 3 Minuman Sehat Ini Untuk Sajian Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: