Catat! 6 Kebiasaan Ini Meningkatkan Resiko Diabetes

Catat! 6 Kebiasaan Ini Meningkatkan Resiko Diabetes

Ilustrasi --Ist

BABELPOS.ID - Penyakit gaya hidup. Ya diabetes atau gula darah sering disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat.

Pola makan yang tidak sehat, kurang olahraga, stres, merupakan faktor -faktor yang mendorong peningkatan resiko diabetes.

Diberitakan Hindustan Times pada Minggu (9/7) , Dokter spesialis penyakit dalam, dr Vineeta Taneja dan dr Tushar Tayal, menyebutkan setidaknya ada 6 kebiasaan tidak sehat yang dapat menimbulkan risiko penyakit diabetes.

BACA JUGA:Jaga Sehat, Cobain Diet Rendah Gula

BACA JUGA:Jangan Biarkan Penderita Diabetes Kesepian, Ini Dampaknya

Berikut 6 kebiasaan itu.

- Pola makan tidak sehat

Mengonsumsi makanan yang berbahan tepung putih, junk food, karbohidrat olahan, minuman berkarbonasi, dan makanan olahan kaya gula dapat secara signifikan meningkatkan risiko diabetes.

Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk diabetes. Obesitas menyebabkan kelebihan lemak tubuh terutama di sekitar perut yang meningkatkan resistensi insulin dan kadar gula darah.

- Kurangnya aktivitas fisik

Mayoritas pekerja, terutama yang bekerja di kantor, memiliki waktu kerja yang tidak menentu dan mengharuskan mereka duduk berjam-jam. Gaya hidup minim aktivitas fisik ditambah dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang tidur dan stres yang tinggi dapat meningkatkan tingkat hormon stres kortisol dan vasopresin dalam tubuh.

Semua faktor tersebut adalah penyebab dari diabetes. Olahraga sederhana secara teratur dalam bentuk apa pun seperti berjalan, berlari, yoga, aerobik setidaknya lima hari seminggu akan membantu membakar kalori dan meningkatkan sensitivitas insulin.

BACA JUGA: Turunkan Gula Darah dan Diabetes dengan Daun Mangga

BACA JUGA: Turunkan Gula Darah dan Diabetes dengan Daun Mangga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: