Musim Liburan, Waspada Tiga Penipuan Ini

Musim Liburan, Waspada Tiga Penipuan Ini

Ilustrasi wisata -Jal-

BABELPOS.ID - Musim liburan dimanfaatkan banyak orang untuk mengunjungi tempat wisata impiannya di berbagai destinasi wisata dalam maupun luar negeri.

Namun perlu diwaspadai, antusiasme masyarakat untuk liburan menjadi peluang para penipu. Dengan berbagai cara mereka mengelabui calon wisatawan untuk mendapat keuntungan ilegal.

Menurut Peeliti Kaspersky, ada tiga skema penipuan umum yang digunakan untuk memikat wisatawan sebagaimana tertulis dalam siaran pers, Senin (10/7).

BACA JUGA:Pengusutan Indikasi 'Maling Besar' di RSUP, Polres Bangka Periksa Ahli

- Penipuan Tiket

Pakar Kaspersky telah menemukan banyak situs penipuan yang mengklaim menawarkan tiket pesawat murah. Halaman phishing yang dibuat dengan baik ini sering kali meniru layanan maskapai penerbangan dan agregator tiket terkenal. Beberapa bahkan menampilkan detail penerbangan nyata.

Namun, alih-alih mengirimkan tiket yang dijanjikan, penipuan ini bertujuan untuk mencuri uang dan mengeksploitasi informasi pribadi Anda untuk tujuan berbahaya.

BACA JUGA: Misteri Hilangnya Pencari Walet di Bukit Lubuk Besar. Tulang dan Motor Siapa?

- Penipuan Akomodasi

Salah satu penipuan akomodasi yang umum adalah pendaftaran online palsu untuk penyewaan tempat inap atau apartemen.

Penipu online membuat iklan yang menarik di platform populer, menampilkan foto terbaik, dan menawarkan harga murah untuk memikat wisatawan. Namun, begitu pemesanan dilakukan dan pembayaran dikirim, akomodasi tersebut ternyata palsu.

Penipu juga dapat membuat situs web palsu yang meniru platform pemesanan hotel yang sah. Situs web ini sering meminta pengguna untuk masuk menggunakan Facebook atau Google.

Dengan begitu, penipu bisa mendapatkan akses tidak sah ke media sosial atau akun email korban. Ini dapat menyebabkan pencurian identitas, transaksi tidak sah, dan aktivitas berbahaya lainnya.

BACA JUGA:Asyik... Pemkab Bangka Hapus Denda & Beri Keringanan Pokok PBB-P2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: