Pengusutan Indikasi 'Maling Besar' di RSUP, Polres Bangka Periksa Ahli

Pengusutan Indikasi 'Maling Besar' di RSUP, Polres Bangka Periksa Ahli

--

BABELPOS.ID.- Polres Bangka, sesuai atensi Kapolda Irjend Yan Sultra, saat ini tengah secara intensif melakukan pengusutan dugaan Tipikor di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Air Anyir.  

Kapolres Bangka, Taufik Noo Isya SIK kepada Babel Pos menyatakan, pihaknya masih terus mendalami kasus tersebut.  Penyidik saat ini sedang memeriksa ahli-ahli terkait keberadaan MOT (modular operating theatre) RSUP, Air Anyir, Bangka Belitung yang sejak 2021 atau sudah 2 tahun tak difungsikan itu.

Bahkan, untuk pengusutan itu, terus berkembang dengan melibatkan kalangan tenaga ahli.  Di sisi lain, dugaan kerugian atas kasus yang tengah diusut itu juga tidak sedikit, yaitu mencapai Rp 5 miliar.  Itu baru untuk satu kasus pengadaan?

BACA JUGA: Biar Cepat Bongkar 'Maling Besar', PEKA Minta Pj Gub Buka Penawar THR Rp 2 M?

Dikatakan Taufiq, kekhususan alat itu menyebabkan penanganannya juga meski banyak ahli. Seperti diantaranya ahli dari kementerian dan instansi terkait.  

"Masih pemeriksaan saksi ahli, nanti ditunggu saja perkembanganya,"  katanya lagi. 

Pelibatan banyak ahli tersebut berguna mempermudah penyidik dalam melakukan pendalaman kasus. Terlebih nantinya guna peningkatan penanganan perkara sampai ke penyidikan. 

BACA JUGA: Ini Pintu Masuk ke 'Maling Besar'. Siapa Penawar THR Rp 2 M ke Pj Gubernur? Kawal Kasus RSUP!

"Penyidik bukan ahlinya, maka dari itu penyidik melibatkan ahlinya. Terkait hasilnya kita tunggu saja," ujarnya.

Selain memeriksa tenaga ahli, penyidik juga telah banyak memeriksa pejabat-pejabat di RSUP. Termasuk PPK (Pejabat Pembuat Komtmen), Alfajr Holpi. 

BACA JUGA:'Maling Besar' adalah Sinyal, DPRD Harus 1 Frekuensi Dengan Pj Gubernur

Sinyalemen 'Maling Besar'

Sinyalemen 'maling besar' yang dikemukakan Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, agaknya memang salah satunya mengarah ke RSUP, Air Anyir ini.  Saat ditemui BABELPOS.ID.- orang nomor satu di Babel tersebut hanya menjawab dengan senyum penuh makna.

Di sisi lain, masih ada perangkat canggih di RSUP yang hingga saat ini belum digunakan, padahal nilai proyeknya konon mencapai Ro 50 miliar lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: