Perkuat SDM Desa, STISIPOL P 12 Dirikan Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Pembangunan Desa

Perkuat SDM Desa, STISIPOL P 12 Dirikan Konsentrasi Administrasi dan Kebijakan Pembangunan Desa

Darol Arkum-Jal-

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Sebagai bentuk komitmen membangun kawasan perdesaan cepat tumbuh, Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12 (Stisipol P12) mendirikan konsentrasi administrasi dan kebijakan pembangunan desa.

Konsentrasi ini dikembangkan untuk memfasilitasi pengembangan zumber daya manusia seluruh perangkat desa. Konsentrasi pembangunan perdesaan berada di bawah program studi administrasi negara.

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 dan BPIP RI Survei Laboratorium Kampung Pancasila

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Pahlawan 12, Darol Arkum menjelaskan bahwa desa memiliki peran dan posisi sangat strategis di Indonesia dalam seluruh dimensi demografi, geopolitik, ekonomi, teknologi, dan sosial budaya.

"Untuk itu, perlu penguatan kelembagaan dan pengembangan sumber daya manusia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan mendasar serta mempercepat pembangunan perdesaan," jelas Darol Arkum.

BACA JUGA:Portofolio Bagus, Lulusan Terbaik STISIPOL Pahlawan 12 Didorong Lanjut S2 Jalur Beasiswa

Kawasan perdesaan masih menjadi kantong kemiskinan, pengangguran, ketimpangan akses teknologi dan sumberdaya manusia. Padahal, kawasan ini sangat potensial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berbasis sektor pertanian.

Hasil riset Bank Dunia tahun 2022 melaporkan bahwa sektor pertanian selama ini konsisten menjadi pendorong utama pengentasan kemiskinan ekstrem di tanah air. Pendapatan pertanian secara perlahan tapi pasti telah mengurai angka kemiskinan di wilayah pedesaan.

BACA JUGA:STISIPOL Pahlawan 12 Hadiri Rakor Peningkatan APK Perguruan Tinggi, Ini yang Disampaikan

Konsentrasi administrasi dan kebijakan Pembangunan Desa merupakan konsentrasi khusus yang mengemban misi dan komitmen terhadap pembangunan perdesaan serta memiliki kompetensi yang tinggi untuk memainkan peranan yang spesifik dalam mengakomodasi pelbagai disiplin ilmu yang saling berkaitan yang mendukung studi-studi tentang pengembangan perdesaan. Dengan demikian, konsentrasi ini pembelajarannya bersifat lintas perspektif.

Darol Arkum, menjelaskan konsentrasi ini mengemban misi strategis untuk membantu pengembangan aparatur pemerintah desa yang berdaya saing yang mampu merumuskan kebijakan-kebijakan serta program-program pembangunan pedesaan di Indonesia.

BACA JUGA:Stisipol Pahlawan 12 Promosi Produk Kreativitas Difabel

“Mengintervensi permasalahan desa berarti mengintervensi permasalahan Indonesia, membangun desa bermakna membangun Indonesia,” tambah Darol Arkum

Pembentukan konsentrasi ini menjadikan STISIPOL Pahlawan 12 sebagai episentrum utama untuk membedah berbagai isu-isu pembangunan (demografi, ekonomi, sosial politik, teknologi dan kebudayaan) di perdesaan melalui berbagai kegiatan terintegrasi seperti riset, seminar, diskusi, advokasi, bimbingan teknis, pelatihan, pengembangan inovasi, pemberdayaan masyarakat dan pengabdian tematik perdesaan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: