Musim Durian Tiba, Begini Cara Memilih Buah yang Matang

Musim Durian Tiba, Begini Cara Memilih Buah yang Matang

--

BABELPOS.ID - Musim durian telah tiba. Dimana-mana banyak durian. Tak hanya di pasar atau tokoh buah, durian juga dijual di berbagai ruas jalan. Beragam jenis dan rasa bisa dipilih di lapak pedagang durian.

Namun sebagai pembeli anda harus cermat memilih. Karena tidak semua durian yang dijual sesuai harapan akibat belum matang atau rusak.

Memilih buah durian yang sudah matang dan manis sebenarnya gampang gampang susah. Meski kadang bau si raja buah-buahan ini sudah tercium dari jarak yang cukup jauh belum tentu durian tersebut sudah matang atau terasa manis. Meski umumnya durian yang bagus memang aromanya sudah menyengat meski belum dibuka sama sekali.

BACA JUGA: Durian Lokal Banjir di Sepanjang Jalan. 'Tai Babi' dan Super Tembaga, Ada Nggak?

Perlu tips khusus dalam memilih buah durian agar tidak terkecoh. Buah khas Asia Tenggara ini selalu menarik perhatian penyukanya yang rela merogoh kocek lebih untuk menikmati rasa khasnya. Meski bagi sebagian orang durian termasuk buah yang kurang disukai tapi bagi pencintanya durian merupakan buah yang wajib dibeli saat musimnya telah tiba.

Berikut tips memilih durian yang matang, manis dan berdaging tebal:

1. Perhatikan ukurannya

Dikutip dari laman Cybex Pertanian, biasanya saat memilih durian, orang akan memilih durian yang berat karena beranggapan bahwa buah tersebut akan memiliki lebih banyak isi. Namun, tips memilih durian yang tepat justru adalah memilih durian yang lebih ringan.

Karena jika membeli durian dengan bobot yang ringan, maka itu adalah pertanda kalau buah durian tersebut matang dan berlimpah. Sedangkan, semakin berat durian, maka semakin besar pula bijinya, bukan dagingnya.

BACA JUGA:Dari Semua Jenis Durian Asal Babel, 'Tai Babi' Justru Termahal di Dunia

2. Cium aromanya

Mencium aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian.

Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung Anda. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya. Dan tentunya durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

3. Goncang durian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: