Musim Durian Tiba, Begini Cara Memilih Buah yang Matang

Musim Durian Tiba, Begini Cara Memilih Buah yang Matang

--

Cara lain yang dapat digunakan untuk memastikan kematangan durian adalah dengan menggoncangnya. Tempelkan kedua telapak tangan pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan dan pegang erat.

Kemudian, gunakan tenaga pada lengan untuk mengangkatnya dan menggoncangkannya sedikit agak keras. Jika merasakan getaran kecil, artinya isi buah tersebut kering dan matang karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sementara, isi yang lembap atau terlalu lunak akan melekat.

BACA JUGA:Serbu... Bazar Durian Air Mesu 13-15 Juli Ada Cumasi Hingga Super Tembaga

4. Perhatikan bentuk durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, mencermati bentuk duri dari durian juga merupakan sebuah alternatif. Pilihlah durian dengan bentuk durinya yang pendek dan berjarak (jarang) karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, jika mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka hal ini pertanda jika buah tersebut memiliki daging yang sedikit.

5. Jangan membeli durian yang telah dikupas kulitnya

Saat membeli durian, banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka atau telah dikupas kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya. Meski kadang cara ini benar tapi memilih durian yang sudah dibuka atau dikupas kadang membuat kita terkecoh karena mudah tergoda oleh warna durian yang sudah terlihat padahal untuk tekstur dan rasa daging duriannya belum tentu manis.

Demikian tips memilih durian yang matang. Selamat berburu durian ya... (*)

BACA JUGA:Beli Bahan Makanan, Ini Tips Belanja yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: