Puskesmas Gerunggang Cek Kesehatan Petugas Lapas Pangkalpinang

Puskesmas Gerunggang Cek Kesehatan Petugas Lapas Pangkalpinang

Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang mengikuti pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Gerunggang.--Agus

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan memandang upaya kesehatan kerja sangat penting untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaaan.

Oleh karena itu kesehatan kerja diatur dalam bab tersendiri yaitu bab XXI yang terdiri dari Pasal 164 sampai dengan Pasal 166.

Merujuk dari regulasi tersebut, Tim Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Puskesmas Gerunggang Kota Pangkalpinang berkunjung ke Lapas Pangkalpinang dalam rangka melakukan pemeriksaan Kesehatan Petugas Lapas Pangkalpinang.

BACA JUGA:Gaspas Lapas Pangkalpinang Ikuti Apel Satkamling di Polresta Pangkalpinang

Kegiatan tesebut merupakan bentuk proaktif upaya Pembinaan dan peningkatan derajat keselamatan dan Kesehatan kerja Petugas Lapas Pangkalpinang yang dilakukan oleh Puskesmas Gerunggang selaku UPTD yang membawahi wilayah kerjanya.

Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan kesehatan bagi tempat kerja formal, maka Puskesmas Gerunggang melakukan pemeriksaan kesehatan tensi darah, berat badan, tinggi badan, gula darah serta potensi bahaya ditempat kerja. 

Adapun data yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut cukup membawa Kartu Tanda Penduduk.

BACA JUGA:Satbinmas Polresta Beri Penyuluhan Cegah dan Tangkal Paham Radikalisme Bagi Warga Binaan Lapas Pangkalpinang

Kegiatan yang berlangsung di ruang tunggu sidang online Lapas Pangkalpinang tersebut diawali oleh Kalapas Pangkalpinang Badarudin yang melakukan pemeriksaan kesehatan. Kemudian dilanjutkan oleh seluruh petugas pengamanan maupun pegawai staf yang telah siap sehabis melaksanakan apel pagi.

Disela kegiatan, salah satu dari Tim K3 Endah Sulistyowati, S.Kep selaku perawat pada Puseksemas Gerunggang menjelaskan bahwa sasaran kegiatan ini adalah pegawai dan pemeriksaan faktor keselamatan kerja pegawai Lapas Pangkalpinang sendiri.

Sebab diakui Endah, selama ini faktor keselamatan dalam bekerja sering dikesampingkan. 

"Jadi pemeriksaan kesehatan ini sangat penting, apalagi tugas para petugas lapas itu sangat berat dalam melakukan pengamanan dan pembinaan terhadap warga binaan," ujar Endah. 

BACA JUGA:16 WBP Lapas Tanjungpandan Ikuti Pelatihan Hidroponik Bersertifikat

Dengan adanya kegiatan ini, Endah berharap dapat meningkatkan kerja sama lintas sektoral yang selama ini telah terjalin dengan baik. Selain itu, dia juga berharap adanya peningkatan kesadaran petugas lapas untuk secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatannya, karena selama ini masih banyak masyarakat takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: