Gedung Satpas Prototipe Polresta Pangkalpinang Senilai Rp28,5 Miliar Mulai Dibangun

Gedung Satpas Prototipe Polresta Pangkalpinang Senilai Rp28,5 Miliar Mulai Dibangun

Peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya SH bersama Kapolresta Pangkalpinang, Kombes Pol Gatot Yulianto--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polresta Pangkalpinang mulai dibangun. Peresmian pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan oleh Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya SH bersama Kapolresta Pangkalpinang, Kombes Pol Gatot Yulianto, Selasa (6/6/2023).

Pembangunan Satpas Prototipe ini dibangun di lokasi atau lahan bersertifikat nomor 04 atas nama Pemerintahan Republik Indonesia cq Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan luas total kurang lebih 14.701 meter persegi, sedangkan luas bangunan satpas yang akan dibangun kurang lebih 9.000 meter persegi yang beralamat di Jalan RE Marthadinata Kelurahan Ampui Kecamatan Pangkalbalam Kota Pangkapinang Kepulauan Bangka Belitung. 

Kapolresta Pangkalpinang, Kombes Pol Gatot Yulianto menyampaikan bahwa tujuan dibangunnya Gedung Satpas Prototipe ini untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam mengurus SIM dengan pelayanan yang berbasis IT (Information technology). 

"Dengan gedung satpas yang baru ini, masyarakat dalam melakukan pengurusan SIM baru maupun perpanjangan, prosesnya jauh lebih mudah dan nyaman dengan fasilitas lengkap dan dukungan teknologi yang modern," ujar Gatot kepada Babel Pos usai kegiatan. 

Dijelaskan Gatot, Satpas Prototipe ini didukung teknologi integrated system first in first out (fifo ). Dengan sistem ini, kata dia, seluruh informasi seperti berapa jumlah pemohon SIM yang hadir, pemohon yang lulus maupun tidak lulus, serta jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) hari itu juga akan diketahui secara langsung (real time), karena data pemohon sim akan terkoneksi langsung dalam sistem daring pelayanan terpadu di Satpas SIM Pusat Korlantas Polri. 

"Untuk itu kami selaku Kapolresta Pangkalpinang dan jajaran mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan Bapak Kapolda dan Forkopimda yang telah ikut mendukung dalam pembangunan gedung ini," ucap Gatot. 

Lebih lanjut disampaikan perwira melati tiga ini, pembangunan Gedung Satpas Prototipe ini bersumber dari Anggaran DIPA PNPB Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp28,571 miliar. Dimana gedung tersebut ditargetkan rampung sebelum akhir tahun 2023.

"Dalam pelaksanaan untuk memaksimalkan proses pembangunan gedung satpas ini, kita sudah membentuk sebuah tim pendukung, yaitu pengawas internal yang didalamnya ada tim ahli teknis dari Dinas PUPR Kota Pangkalpinang," tegasnya. 

Gatot menambahkan, bangunan Satpas Prototipe ini akan dibangun dua lantai. Lantai pertama terdiri dari ruangan lobby, counter, ruang keterampilan roda empat, ruang keterampilan roda dua, ruang tunggu, ruang laktasi, 3 toilet, ruang uji teori, ruang uji panel dan janitor, ruang difabel, ruang identifikasi, ruang registrasi, ruang uji praktek, ruang kontrol, ruang tunggu pengumuman dan hasil uji praktek, ruang tunggu percetakan sim dan ruang cetak sim. 

Sementara untuk lantai kedua, sambung Gatot, terdiri dari ruangan ruang baur, ruang staf, ruang rapat, ruang tunggu VIP, gudang, ruang arsip, musala, ruang pantry, ruang server, ruang istirahat, ruang KRI, dan 3 toilet. 

Selain itu, lanjutnya, terdapat juga gedung penunjang/pendukung terdiri dari ruang genset dan panel, gudang, ruang fotocopy, ruang tunggu ditambah ruang bermain anak dan kantin, ruang laktasi ditambah janitor, musala dan 3 toilet, 2 pos jaga, serta lapangan uji praktek roda dua dan roda empat.

"Pembangunan Satpas Prototipe ini merupakan bukti nyata komitmen kita bersama untuk melakukan transformasi tata kelola pelayanan publik, sehingga besar harapannya pembangunan satpas prototipe ini bisa berjalan dengan aman dan lancar sesuai target dan tentunya kedepan bisa bermanfaat dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," tukas perwira yang sempat menjabat selaku Waka Polresta Surakarta ini.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: