Disperindag Dorong Pelaku Industri di Babel Lapor SIINAS

Disperindag Dorong Pelaku Industri di Babel Lapor SIINAS

Rakor Sistem Informasi Industri Nasional yang digelar Disperindag Babel.--Julian

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangka Belitung (Babel) kembali mengelar Rapat Koordinasi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS), Rabu (24/5). Rakor tersebut dalam upaya mendorong kepatuhan pelaku industri.

Mengusung tema "Implementasi Pemantauan Data", SIINAS dilaksanakan di Hotel PIA Pangkalpinang dengan melibatkan Disperindag kabupaten/kota serta OPD terkait lainya. 

Dalam Rakor tersebut, Kepala Disperindag Babel Tarmin menyampaikan, SIINAS merupakan sistem yang dirancang oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia untuk mendapatkan data-data industri yang disampaikan oleh setiap pelaku usaha industri. 

“Bahwa setiap pelaku usaha industri wajib menyampaikan data industri secara akurat, lengkap dan tepat waktu. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku penyampai laporan SIINAS disampaikan setahun dua kali yaitu semester satu dan semester dua setiap tahunnya,” katanya. 

BACA JUGA:Disperindag Babel Dorong Perusahaan Industri Patuh Terhadap Aturan

Tentunya, hal yang sama juga diberlakukan juga kepada pemerintah daerah pengelola SIINAS, dimana guna memberikan update data industri yang akurat diwilayahnya masing-masing ketepatan dan keakuratan data yang disampaikan oleh pelaku usaha industri , tentunya akan sangat membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan yang berpihak kepada pelaku usaha industri.

Oleh sebab itu melalui Rakor SIINAS ini dirinya berharap, dapat memberikan kesepahaman dan kesepakatan bersama yang lebih baik sehingga dapat menjadi acuan para stakeholder perindustrian di Babel,  baik itu provinsi maupun kabupaten dan kota untuk lebih peduli dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan investasi melalui penguatan sistem basis data industri yang lebih akurat dan tersentralisasi.

“Pemprov akan terus berupaya seoptimal mungkin memberikan yang terbaik bagi pertumbuhan dan pengembangan industri Babel secara bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten, kota. Terlebih dalam menghadapi era disrupsi yang sudah semakin tak terkendali saat ini akibat gencarnya penggunaan sistem informasi,” imbuhnya.

BACA JUGA:Pemprov Kep. Babel-MIND ID Kembangkan Minyak Atsiri, Industri Primadona Dunia

Sementara itu Kabid Bidang Pengendalian Dan Fasilitasi Usaha Industri Supianto, dalam laporanya sebagai Ketua Pelaksana kegiatan Rakor SIINAS, dibacakan oleh Selani selaku Penyuluh Perindag Ahli Muda menjelaskan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan kesepahaman untuk kemudian bersepakat terkait pengembangan data Industri Bangka Belitung melalui SIINAS sebagai bentuk keberpihakan pemerintah dalam mendorong kepatuhan perizinan dan berusaha bagi pelaku industri dan kawasan industri.

Kegiatan Rakor Sistem Informasi Industri ini sendiri dilaksanakan selama satu hari, yaitu tanggal 24 Mei 2023 di Hotel PIA, Pangkalpinang Babel dengan mengundang peserta sebanyak lima puluh peserta, yang berasal dari ASN Provinsi, Kabupaten dan Kota yang membidangi dan terkait urusan perindustrian. 

BACA JUGA:Dukung Industri Kreatif, BRI Kolaborasi dengan Cita Tenun Indonesia Garap Pameran ANTOLOGI

Untuk meningkatkan pemahaman para pelaku industri tersebut, Disperindag Provinsi Babel mengundang dua narasumber yaitu Dewi Setiawati Pembina Industri Ahli Madya dari Pusdatin Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan Supianto Kabid Bidang Pengendalian Dan Fasilitasi Usaha Industri Disperindag Babel.(*)

BACA JUGA:Timah Mengajar, Cara PT Timah Tbk Kenalkan Industri Pertambangan Timah ke Pelajar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: