Kunjungan Wisatawan Meningkat Hingga 75 Persen, Firmansyah: Baik Bagi UMKM Basel

Kunjungan Wisatawan Meningkat Hingga 75 Persen, Firmansyah: Baik Bagi UMKM Basel

Batu Belimbing salah satu objek wisata Toboali yang banyak didatangi wisatawan. --Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Jumlah pengunjung tempat wisata di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) meningkat drastis, hal ini terlihat disaat weekend maupun di hari biasa.

Terlihat semenjak selesainya pandemi Covid-19, kawasan wisata di Basel mulai membaik. Para wisatawan luar daerah mulai berkunjung sejak lebaran lalu hingga sekarang. Pengunjung pun meningkat drastis.

BACA JUGA:Ngarak Telok Serujo Bisa Jadi Icon Wisata Basel

Kepala Dinas Pariwisata, Olahraga dan Kepemudaan Basel, Firmansyah mengatakan, angka kunjungan wisatawan di lokasi destinasi wisata Pesisir Tanjung Ketapang dan kawasan Himpang 5 Habang meningkat 50-75 persen.

"Kawasan wisata Pantai Tanjung Kerasak meningkat 50 persen, Pantai Nek Aji dan Benteng Toboali meningkat 75 persen pada saat wekeend," ungkapnya, Minggu (14/05).

BACA JUGA:Tim Dosen Pengabdian Unmuh Babel Dampingi Tata Kelola Kawasan Wisata Pantai Tanjung Ru

Pengunjung yang datang ke Basel ini didominasi oleh wisatawan luar mulai dari, Palembang, Jakarta, Bandung maupun Medan. Selain itu wisatawan lokal juga banyak.

"Pengunjung ini memang sengaja datang untuk menikmati berbagai pilihan destinasi wisata yang disuguhkan oleh Pemkab Basel," tuturnya.

BACA JUGA:Kemenparekraf RI Tetapkan Basel Kawasan Pariwisata Andalan

Dikatakan Firmansyah, dari meningkatnya wisatawan ini juga berdampak positif bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di kawasan wisata.

"Dalam hal ini sangat berpengaruh karena para wisatawan pasti membeli minuman maupun makanan di kawasan wisata, untuk di kota Toboali mereka bisa membeli oleh oleh khas Toboali dan ini membuat perputaran ekonomi bisa meningkat," jelasnya.

BACA JUGA:Yuk Main ke Himpang 5, Bisa Foto Bersama Cosplayer, Bayar Seikhlasnya

Mengingat sebentar lagi libur panjang anak sekolah, sudah tentu wisatawan akan meningkat dalam rangka menikmati liburan.. Karena itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memberikan pelayanan baik.

"Bila perlu kita taruh berbagai atraksi penghibur di tempat destinasi wisata," cetusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: