Tes UTBK-SNBT Dimulai, 3.267 Calon Mahasiswa Pilih UBB, Kuota Kedokteran 40 Kursi

Tes UTBK-SNBT Dimulai, 3.267 Calon Mahasiswa Pilih UBB, Kuota Kedokteran 40 Kursi

Ilustrasi kuliah .--Ist

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Universitas Bangka Belitung (UBB) menjadi tempat penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) Tahun 2023 untuk wilayah Pulau Bangka dan Belitung yang mulai digelar Senin (8/5).

UBB sendiri dipilih 3.267 calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

UTBK SNBT diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (BP3 Kemendikbud RI) dari tanggal 8-16 Mei 2023 di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Prof Ibrahim: UBB Menuju PK-BLU

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, Nizwan Zuhri memastikan pelaksanaan hari pertama UTBK- SNBT di UBB berlangsung tertib dan lancar. 

Pelaksanaan UTBK -SNBT 2023 di UBB ditempatkan di Gedung Kampus Timah 1 – Gedung Kampus Timah 4.  

Jadwal pelaksanaan dibagi ke dalam 2 sesi, pagi dan sisi siang.

“Jadi misalnya ada peserta yang terlambat masuk dari jadwal yang sudah ditentukan, maka otomatis peserta tidak diperbolehkan mengikuti tes. Para peserta juga disterilkan dari handphone, bahkan termasuk juga pulpen dan sebagainya," ujarnya.

BACA JUGA:Rektor UBB Siap Dukung Peningkatan APK Babel

Nizwan Zuhri menyebut, peserta yang mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Pulau Bangka di Kampus UBB sebanyak 2.690 orang. Sedangkan peserta di Pulau Belitung berjumlah 554 peserta yang akan berlangsung 8-11 Mei 2023.

"Jadi mereka yang mengikuti tempat tes di Kampus UBB ini, bisa saja memilih kampus lainnya di seluruh Indonesia," ujarnya.

Untuk Fakultas Kedokteran UBB yang baru dibuka tahun ini, menurut Nizwan Zuhri, UTBK-SNBT 2023 menyediakan 70 persen dari total 40 kursi mahasiswa.

"Total calon mahasiswa dibatasi 40 mahasiswa. Sehingga 70 persen kuota calon mahasiswa yang dapat lolos melalui UTBK-SNBT ini sebanyak 28 orang, dan sisanya mengikuti jalur mandiri dengan kuota 12 orang," paparnya.

BACA JUGA:Selamat! 732 Camaba Lolos Seleksi Jalur Prestasi UBB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: