Selamat! 732 Camaba Lolos Seleksi Jalur Prestasi UBB

Selamat! 732 Camaba Lolos Seleksi Jalur Prestasi UBB

Jumpa pers penerimaan mahasiswa baru jalur SNBP UBB.--

BABELPOS.ID, MERAWANG - Universitas Bangka Belitung (UBB) turut mengumumkan hasil seleksi penerimaan calon mahasiswa baru (camaba) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Selasa (28/3) kemarin.

Hasilnya, sebanyak 732 camaba yang bersaing masuk ke UBB melalui jalur prestasi dinyatakan lolos, berdasarkan hasil penyeleksian Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB-PTN) 2023 melalui Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

BACA JUGA:Aktifasi KTP Digital di UBB Disambut Antusias

Kepada sejumlah wartawan, hasil SNBP SNPMB-PTN 2023 disampaikan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Nizwan Zukhri di ruang Balai Besar Peradaban Rektorat UBB. Diterangkan Nizwan, tercatat ada kurang lebih 2.616 camaba yang melamar untuk masuk ke UBB melalui jalur ini.

"Dari jumlah tersebut, yang diterima pada hari ini (kemarin-red) ada sebanyak 732 calon mahasiswa baru. Dan ada kenaikan jumlah dari tahun sebelumnya," jelas Nizwan.

BACA JUGA:2216 Pelamar SNBP UBB, Lolos 732 Orang

Ia menambahkan, terdapat 17 provinsi asal pelamar camaba UBB jalur prestasi ini dan yang terjauh adalah Provinsi Sulawesi Utara. "Dari jumlah provinsi asal pelamar, Babel merupakan yang terbanyak melamar sebanyak 2.494 siswa" ujarnya.

Di Babel sendiri, pelamar terbanyak berasal dari Pangkalpinang yakni 582 siswa. Kemudian Kabupaten Bangka 572 siswa, Bangka Selatan 394 siswa, Bangka Barat 337 siswa, Bangka Tengah 326 siswa, Belitung 131 siswa dan Belitung Timur 152 siswa.

BACA JUGA:Resmi Sarjana, 337 Wisudawan UBB Pakai Ijazah Elektronik

Menurut Nizwan, SNBP ini merupakan istilah baru atau pada tahun sebelumnya dikenal dengan SNMPTN yang artinya ini didasarkan atas prestasi ataupun nilai raport calon mahasiswa dari semester 1 sampai semester 5 ditambah dengan bobot penilaian prestasi lainnya, seperti akademis berupa Olimpiade ataupun karya ilmiah dan prestasi-prestasi yang lain.

Dirinya menambahkan, ada yang berbeda di UBB pada tahun ini, hal itu tidak lain adalah dengan adanya 5 Prodi baru S1 yang baru pertama kalinya menerima melalui jalur SNBP ditambah dengan D3 keperawatan mengingat bahwa program vokasi dapat dipilih dijalur seleksi nasional.

"Untuk dapat mengetahui nama-nama siswa yang lolos atau pengumuman hasil kelulusan jalur SNBP di UBB, maka para calon mahasisiwa dapat mengakses melalui laman website UBB ubb.ac.id ataupun media sosial UBB," paparnya.

BACA JUGA:Hari ini, UBB Luluskan 337 Sarjana

Selain itu, berdasarkan angka keketatan jurusan yang ada ataupun jumlah pelamar terbanyak dari 26 Prodi berada di Prodi Manajemen dengan jumlah pelamar sekitar 646 calon mahasiswa baru dan yang diterima sekitar 40 kuota. Sedangkan yang kedua Prodi Akuntansi dengan jumlah pendaftar 387 siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: