Bersama Prodi Kemas UNABA, Siap Dukung Percepatan 1 Juta Sertifikasi Halal

Bersama Prodi Kemas UNABA, Siap Dukung Percepatan 1 Juta Sertifikasi Halal

Harmendo--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Pemerintah Republik Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sesuai dengan amanah Undang-Undang No.33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal, mendorong keikutsertaan dan peran semua element masyarakat termasuk dari kalangan kampus untuk menyukseskan program Pemerintah Bangka Belitung sebagai tujuan destinasi wisata Halal dan ramah muslim 2024, 1 juta sertifikasi Halal tahun 2024 dan menjadikan Indonesia Produsen Halal No.1 Dunia Tahun 2024.

Wakil Rektor 1 Universitas Anak Bangsa (UNABA) Pangkalpinang, Harmendo didampingi Wakil Rektor 1 Bidang Kerjasama UNABA Pangkalpinang, Taufik, Senin (20/03/2023) menyatakan pihaknya siap untuk memberikan kontribusi secara akademisi dalam mensukseskan target pemerintah tersebut. Salah satunya adalah UNABA telah ikut mendukung kesuksesan pameran Babel Halal Expo Pangkalpinang dari tanggal 10 – 12 Maret 2023 di Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang. Sekaligus terpilih sebagai stand terfavorit. 

Ia optimis, dengan peran perguruan tinggi yang juga dapat mendirikan lembaga pemeriksa halal dan mengadakan pelatihan sertifikasi halal terkait kompetensi sumberdaya manusia (SDM). Namun, untuk menyelenggarakan itu dibutuhkan tenaga ahli sehingga peran perguruan tinggi ini bisa mencetak SDM yang dibutuhkan bagi penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH). 

BACA JUGA:BI Babel dan MUI Dorong Akselerasi Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

Sebagai akademisi yang juga punya tanggungjawab tersebut, UNABA optimis, karena mempunyai program-program studi yang sangat relevan dalam mendukung terwujudnya percepatan program-program pemerintah tersebut.

"Salah satu program studi unggulan yang ada di UNABA Pangkalpinang, yakni Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat (KEMAS) juga memiliki materi perkuliahan dan konsen dalam mengedukasi tentang pentingnya kesehatan gizi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang lebih bersifat promotive dan preventif,” sebut Harmendo.

BACA JUGA:50 Perusahaan dan UKM Ikut Pelatihan Penyelia Halal Bersama Haltec Babel

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Prodi UNABA Pangkalpinang tersebut juga merupakan bagian dari aktivitas kampanye kepada masyarakat terhadap pentingnya menjaga perilaku hidup sehat dengan gizi seimbang.

“Mulai dari bagaimana sanitasi, bagaimana makanan yang higienis itu dan aspek-aspek penting lainnya dari ilmu kesehatan masyarakat tersebut, dan seluruh materi ini disiapkan oleh para dosen berkompetensi kami dan ditransper kepada mahasiswa dan masyarakat luas."

"Dengan semua kompetensi terbaik yang kami miliki, maka kami siap bekerjasama dengan pemerintah dan semua stakeholder terkait, dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya Babel dan Indonesia yang lebih sehat, cerdas dan punya daya saing tinggi,” tambahnya.

BACA JUGA:Berharap Babel Halal Expo Jadi Agenda Tahunan

Hermando mengaku melihat adanya gerakan masif yang dilakukan oleh pemerintah, termasuk dalam dalam percepatan sertifikasi halal melalui jalur regular maupun self declear bekerjasama BPJPH, MUI, dunia usaha dan juga akademisi, maka target secara nasional tersebut akan terwujud

“Dengan upaya tersebut dan didukung peran serta kesadaran masyarakat termasuk perguruan tinggi sebagai lembaga yang juga dapat melalui riset atau survey tingkat kepuasaan masyarakat, maka yakinlah target percepatan sertifikasi halal maupun upaya pembangunan kebangkitan ekonomi masyarakat di Babel maupun nasional, agar segera terwujud,” dorongnya. (*)

BACA JUGA:Bagi Tim Penyelia Halal Internal Fox Harris LPPOM MUI Babel Siap Beri Pembinaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: