BI Babel dan MUI Dorong Akselerasi Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

BI Babel dan MUI Dorong Akselerasi Sertifikasi Halal Pelaku UMKM

--

PANGKALPINANG - Dalam rangka mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah serta mendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat ekonomi dan syariah dunia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung bersinergi dengan MUI, LPPOM MUI, Haltec, Bank Syariah Indonesia, serta Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Belitung dan Belitung Timur menyelenggarakan Pelatihan Penyelia Halal bagi pelaku UMKM. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada 16 Maret 2023 lalu di BW Suite Hotel Belitung, diikuti oleh 100 UMKM di bidang food (makanan dan minuman) yang berlokasi di wilayah Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. 

Dalam kegiatan ini, disampaikan materi mengenai fiqih makanan minuman, prospek sertifikasi halal, pengenalan dan persiapan sertifikasi halal, dokumen persyaratan dan proses sertifikasi halal, sistem jaminan halal, bahan dan proses produk halal.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Faturachman mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pelatihan penyelia halal, yang sebelumnya telah diselenggarakan tanggal 23 Februari 2023 kepada pelaku UMKM di wilayah Bangka. 

Kegiatan ini, katanya, ditujukan untuk mendukung akselerasi sertifikasi halal, pengembangan wisata ramah muslim, peningkatan kapasitas pelaku usaha syariah, serta peningkatan jumlah produk pelaku usaha syariah tersertifikasi layak halal.

"BI Babel akan terus mendorong berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah termasuk peningkatan sertifikasi halal bagi UMKM, serta meningkatkan keunikan produk yang dihasilkan serta meningkatkan kapasitas pelaku usaha syariah," tutur Faturachman dalam siaran pers yang diterima Babel Pos, Senin (20/3/2023).

Selain itu, kata Faturachman, pada 18 Maret 2023, BI Babel bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Ekonomi Syariah Bangka Belitung juga menyelenggarakan Kampanye Mandatory Halal 2023 yang akan diikuti oleh 130 peserta. 

"Kegiatan ini ditujukan untuk mensosialisasikan Program Sehati (Sertifikasi Halal Gratis) yang telah diluncurkan oleh BPJPH agar percepatan sertifikasi halal dapat segera terwujud," tukas Faturachman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: