Surat Izin Telah Keluar, Pelabuhan Tanjung Ular Direncanakan Beroperasi Bulan Maret

Surat Izin Telah Keluar, Pelabuhan Tanjung Ular Direncanakan Beroperasi Bulan Maret

Presiden Jokowi, Pj Gubernur Ridwan Djamaludin dan Bupati Sukirman saat meninjau pelabuhan Tanjung Ular beberapa waktu lalu.--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Pelabuhan Tanjung Ular, Kecamatan MUNTOK bakal mulai dioperasikan pada bulan Maret mendatang. Ini setelah Pemerintah Bangka Barat mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bupati Bangka Barat, Sukirman mengatakan segera dijalankan pelabuhan tersebut adalah pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Sudah ada izinnya kemarin dari Kementerian Perhubungan. Pada bulan Maret ini akan operasi," ujar Sukirman, Rabu (22/2/23).

BACA JUGA:Kawasan Industri Tanjung Ular Segera Jalan, Wabup: Pak Gubernur Segera Rapat Lanjutan

Sukirman mengatakan Pelabuhan Tanjung Ular akan diperuntukkan sebagai pelabuhan bongkar muat barang.

"Nantinya pelabuhan ini akan dimanfaatkan untuk bongkar pupuk, pengiriman CPO dan Timah guna mengangkat Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kalau penumpang sudah ada Pelabuhan Tanjung Kalian," bebernya.

Untuk sementara ini, pengelolaannya akan ditangani Pemerintah Pusat, sambil menunggu pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) rampung.

"Sementara ini akan dikelola pusat. Karena BUMD belum selesai dibentuk. Nanti kita berkerja sama dengan pihak ketiga untuk pengoperasiannya," ucapnya.

BACA JUGA:Pelabuhan Tanjung Ular Uji Sandar, Begini Hasilnya

Lebih lanjut, Bupati Sukirman menyampaikan pemanfaatan dan pengembangan Pelabuhan Tanjung Ular kedepannya, sejumlah perusahaan juga telah siap untuk bekerja sama.

"Pemanfaatan dan pengembangan pelabuhan, tidak menutup kemungkinan menjadi kawasan industri yang berkelanjutan dan berdaya saing berkat segala keunggulannya dan prospek cerah yang mendukung," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Operasional Pelabuhan Tanjung Ular Tunggu 100 persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: