Desa di Bateng Diharapkan Punya Pendapatan Sendiri, DinsosPMD Bakal Lakukan Ini!

Desa di Bateng Diharapkan Punya Pendapatan Sendiri, DinsosPMD Bakal Lakukan Ini!

Kepala Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa (DinsosPMD) Bangka Tengah, Padlillah--

BABELPOS.ID, KOBA - Dalam rangka mengwujudkan Desa di Bangka Tengah berdikari dan memiliki pendapatan sendiri, Dinas Sosial, Pemerintahan Masyarakat dan Desa Bangka Tengah (DinsosPMD Bateng) bakal mengkaji potensi-potensi Pendapatan Asli Desa (PADes) yang ada di setiap desa di Bangka Tengah.

"Kami akan mengkaji, apakah benar desa-desa di Bangka Tengah ini tidak punya PADes. Ini harus ditata sesuai dengan arahan dari Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT lalu," ujar Kepala DinsosPMD Bateng, Padlillah pada Senin (20/2/2023).

Kata Padlillah, semua kegiatan yang ada di desa seharusnya dilakukan satu pintu, yakni melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

"BUMDes inilah yang kemudian bisa mengatur berapa pendapatan yang akan dimasukan ke pemerintah desa, jadi Kepala Desa tidak perlu terlalu jauh melakukan intervensi, apalagi melibatkan diri secara langsung, walaupun tidak ada aturan yang melarang itu," jelasnya.

Maka dari itu, ia meminta agar setiap pemerintah desa memberdayakan BUMDes dan bila perlu melakukan penyertaan modal, jika memang tidak memiliki modal awal.

"Dengan begitu, jika BUMDes tersebut berhasil, maka baru bisa dihitung-hitung berapa keuntungan untuk BUMDes dan berapa yang masuk ke desa," tuturnya.

"Bangkit dan bergerak, senangnya pun sama-sama," tambahnya.

Lebih lanjut, ia pun berharap agar semua desa di Bangka Tengah bisa mandiri dengan memanfaatkan semua potensi-potensi yang ada.

"Kita akan dorong, karena secara penganggaran juga telah kami persiapkan dengan tetap tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan-kegiatan yang sudah ada," tutupnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: