Timsel KPU Babel Umumkan Tahapan Pelaksanaan Seleksi

Timsel KPU Babel Umumkan Tahapan Pelaksanaan Seleksi

Timsel mengumumkan tahapan seleksi komisioner KPU Babel.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Bangka Belitung periode 2023-2028 mengumumkan tahapan seleksi, Jumat (10/2) sore. Hal ini sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum nomor 71 tahun 2023.

Ketua Timsel, Iskandar menjelaskan pengumuman baru diumumkan setelah menunggu Keputusan KPU nomor 71 tahun 2023 ini. Pihaknya masih menunggu regulasi yang ada terkait tahapan seleksi. 

"Para calon bisa mendowload petunjuk teknis melalui website KPU Babel. Ada beberapa perubahan tahapan untuk periode ini," jelas Iskandar didampingi Sekretaris Timsel, Andika Saputra dan anggota, Derita dan Suparta.

BACA JUGA:Ini Lima Orang Pansel KPU Babel

Menurut Iskandar, proses seleksi kali ini peserta harus mengisi formulir di Siakba. Setelah registrasi mengisi data mereka juga harus menyiapkan lampiran di scan dan fisiknya diserahkan ke Sekretariat Timsel KPU Babel di Jalan Dewi Sartika (TK Eka Rini).

"Tanpa Siakba tidak kami terima, semua harus mengikuti prosedur ini," imbuhnya.

Dalam proses seleksi kali ini, berapa pun calon yang masuk akan diseleksi sebanyak 50 orang untuk yang lolos administrasi. Kemudian, ijazah juga bukan yang berwarna namun harus dilegalisir basah dan tanda tangan basah. Penilaian administrasi juga melalui beberapa buku, jurnal dan prestasi yang lain yang akan meloloskan calon ke tahapan selanjutnya.

"Pemberian nilai rangking ijazah berbeda nilainya. Mereka yang sudah menjadi komisioner ada buku jurnal beda kapasitasnya dan kemampuan banyak prestasi yang bisa dimasukkan. Itu akan kita nilai," tuturnya.

BACA JUGA:KPU Prediksi TPS di Pangkalpinang Bertambah Segini

Timsel akan standby menerima berkas dan verifikasi. Pada seleksi kali ini tidak ada perbaikan berkas dan diharapkan para calon untuk lebih teliti dan tertib administrasi. 

"Kepada calon tolong datanya sebelum upload diliat dulu. Tahapan nanti tanggal 10-21 Februari pendaftaran, tanggal 10-28 Februati pemeriksaan berkas. Tanggal 28 Februari-1 Maret lolos administrasi," urainya.

Setelah lolos administrasi akan dilakukan seleksi tertulis melalui sistem CAT dan psikologi pada 5 Maret-13 Maret. Dari 50 calon akan diambil 20 orang. Dan terakhir kesehatan pada 16-18 Maret dan wawancara 19-21 Maret. Dan dari 20 orang akan diambil 10 nama yang akan diantarkan ke KPU RI 24-26 Maret.

"Tes terulis CAT akan bersamaan dengan tes psikologi. Seleksi kita bekerjasama dengan TNI. Saya juga berharap masyarakat juga dapat memberikan tanggapan terhadap para calon nanti, rekam jejak dan identitas para calon," tuturnya.

"Kami mengundang seluruh masyarakat menjadi calon komisioner KPU 2023-2028. Kesempatan ini untuk semua orang berhak, putra putri terbaik yang menjadi komisioner untuk diusung. Tidak ada yang melarang berkompetisi dengan baik. Saya yakin dengan pola ini kita temukan orang terbaik," tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: