KPU Prediksi TPS di Pangkalpinang Bertambah Segini

KPU Prediksi TPS di Pangkalpinang Bertambah Segini

Yusmayadi --

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang sudah membentuk badan ad hoc untuk membantu penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 mendatang. Setelah terbentuk Panitia Pemungutan Suara di 42 Kelurahan mereka akan menuju pendataan daftar pemilih.

PPS berwenang dalam membentuk Panitia Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang bertugas melakukan pemutakhiran atau pendaftaran data pemilih. Mereka akan bekerja dengan honor Rp1 juta perbulan.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Pangkalpinang, Yusmayadi menjelaskan akan ada penambahan jumlah TPS senada dengan penambahan Daftar Pemilih.

"Pemilu 2024 itu jelas ada penambahan jumlah TPS di hampir di semua kelurahan yang ada di Kota Pangkalpinang," sebut Yusmayadi. 

BACA JUGA:KPU PGK Bekali PPS Materi Kepemiluan

Pada Pemilu serentak tahun 2019 yang lalu Daftar Pemilih Tetap sebanyak 130.302 pemilih. Dengan Total pemilih laki-laki sebanyak 64.817, perempuan 65.485, dengan 7 Kecamatan, 42 kelurahan, dan 425 TPS. Dimungkinkan pada Pemilu serentak 2024 penambahan TPS hingga 600-an di Kita Pangkalpinang. 

"Dimungkinkan berkisar di angka 600-an TPS. Angka pastinya berapa itu sedang dikerjakan cuman dipastikan 600 ke atas jumlah TPS di Pangkalpinang," akunya.

BACA JUGA:Usai Dilantik, KPU Tempa 126 PPS

Daftar pemilih menurutnya bertambah berkisar di angka 20 hingga 30 persen. Untuk itu, saat ini pihaknya sedang menyiapkan petugas pemutakhiran data pemilih untuk menetapkan Daftar pemilih tetap ini.

"Kita minta PPS segera membentuk Pantarlih. Segera berkoordinasi dengan pihak Kelurahan karena sudah banyak tugas besar menunggu kita," tutupnya.(*)

BACA JUGA:KPU Kota Umumkan 245 Nama Panitia Pemungutan Suara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: