Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Bangka Diikuti 60 Guru

Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka di Bangka Diikuti 60 Guru

-Kantor Bahasa Kep. Babel-

SUNGAILIAT - Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung kembali menggelar Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka. Kali ini sosialisasi dilajukan di Kabupaten Bangka. Sasaran kegiatan ini ialah kepala sekolah dan guru. 

Sebanyak 60 orang guru yang berasal dari berbagai SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Bangka, mengikuti sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka, Selasa, 7 Februari 2023.  

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Novilla Bangka ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi sekolah dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali, S.H., M.Si. 

Dalam sambutannya, Rozali menyatakan dukungan terhadap pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka di sekolah-sekolah. Selain itu, ia juga mengimbau pihak sekolah untuk segera menindaklanjuti program dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa ini. 

"Harapannya, semua siswa di Kabupaten Bangka bisa berpartisipasi dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka," kata Rozali.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irsan, S.S., M.Hum., mengapresiasi antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini. 

Muhammad Irsan mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka pada tahun diselenggarakan secara masif melalui kemitraan dengan pemerintah daerah di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 dalam rangka pemartabatan bahasa Indonesia," kata Irsan.

Oleh karena itu, Muhammad Irsan juga menginginkan agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan efektif. 

"Tahun ini, Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berinisiatif untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan di tiap kabupaten agar kegiatan UKBI dapat berjalan secara integratif," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka dan penandatanganan Komitmen Bersama oleh Kepala Dinas Pendidikan beserta kepala sekolah dan guru perwakilan SMP/SMA/SMK di Kabupaten Bangka untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka tersebut.(bgs/rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: